Minggu, 08 September 2024

Disdukcapil Humbahas "Jemput Bola" Pelayanan Adminduk bagi Penyandang Disabilitas

Sahat M. Sihite - Sabtu, 18 Mei 2024 13:16 WIB
529 view
Disdukcapil Humbahas "Jemput Bola" Pelayanan Adminduk bagi Penyandang Disabilitas
Foto: Dok/Disdukcapil
DISABILITAS: Disdukcapil Humbahas saat melakukan pelayanan jemput bola penyandang disabilitas di Desa Sihite I, Kecamatan Doloksanggul, Jumat (17/5/2024).
Humbahas (harianSIB.com)
Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melakukan jemput bola pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi penyandang disabilitas.

"Kali ini yang menjadi sasaran pelayanan langsung atas nama Pandapotan Sihite, warga Jalan Pakkat, Desa Sihite I, Kecamatan Doloksanggul, yang baru pulang dari perantauan, karena keterbatasan (disabilitas) memerlukan pelayanan khusus dan perlu mendapatkan bantuan," kata Kadis Disdukcapil Humbahas Jara Trisepto Lumbantoruan, dalam siaran pers yang diterima wartawan, Sabtu (18/5/2024).

Jara Trisepto menambahkan, pelayanan langsung kepada disabilitas sebagai komitmen pemerintah Kabupaten Humbahas untuk terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Baca Juga:

Proses pengurusan dokumen dilakukan dengan mudah dan cepat, tanpa harus melalui prosedur yang rumit. Petugas juga memberikan pendampingan dan edukasi kepada warga disabilitas tentang pentingnya memiliki dokumen kependudukan yang lengkap.

Keluarga disabilitas menyampaikan terima kasih atas pelayanan tersebut. Dulu, kata mereka, sangat kesulitan mengurus dokumen kependudukan karena keterbatasan fisik. Tapi, sekarang dengan adanya layanan jemput bola, jadi lebih mudah.

Baca Juga:

Pemerintah Desa Sihite I berharap layanan ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas. Diharapkan ke depan layanan ini dapat diperluas jangkauannya ke seluruh desa di Kecamatan Doloksanggul, sehingga disabilitas di Kabupaten Humbahas dapat merasakan manfaatnya.

"Secara bergantian tim kita akan turun langsung ke setiap desa dalam melayani masyarakat untuk kepengurusan Adminduk," ujar Jara.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan inovasi lainnya seperti penyerahan akta perkawinan pada saat berlangsung pesta, penyerahan akta kematian bagi keluarga duka termasuk juga menyerahkan akta kelahiran bagi keluarga yang baru saja melahirkan di Puskesmas atau pun di RSUD Doloksanggul. (**)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru