Minggu, 08 September 2024

Jelang Sinode Godang, Ini Pesan Ephorus HKBP untuk Panitia SG ke - 67

Anwar Lubis - Selasa, 14 Mei 2024 20:47 WIB
831 view
Jelang Sinode Godang, Ini Pesan Ephorus HKBP untuk Panitia SG ke - 67
Foto Dok/Biro Informasi HKBP
FOTO BERSAMA: Ephorus HKBP, Pdt Dr Robinson Butarbutar berfoto bersama dengan panitia SG ke - 67 usai pelantikan di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Tarutung, Kabupaten Taput, Selasa, (14/5/2024)
Taput (harianSIB.com)
Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), Pdt Dr Robinson Butarbutar memberikan pesan kepada panitia Sinode Godang (SG) ke - 67 HKBP. Sesuai Keputusan Rapat Majelis Sinode (MPS) pada tanggal 7-9 Februari 2024 lalu, Sinode Godang dilaksanakan 2-8 Desember 2024.

Ephorus HKBP meminta agar panitia SG HKBP jangan memanfaatkan kepanitiaan untuk kepentingan diri, sebab diantara panitia, ada yang akan ikut dalam pemilihan.

"Pokoknya, panitia harus kompak, tetap semangat dan bersukacita agar SG yang akan dilaksanakan HKBP dapat berjalan dengan lancar, karena salah satu agenda SG adalah pemilihan pimpinan pusat dan praeses," ujar Ephorus saat pelantikan panitia SG ke-67 HKBP di Gedung Raja Pontas Lumbantobing, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Baca Juga:

Dalam bimbingan, Ephorus juga memaparkan kebiasaan situasi dan kondisi SG di masa-masa lalu dimana panitia perlu cermat mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan SG tersebut.


Oleh karenanya Ephorus menyarankan yang perlu diperhatikan dengan istilah 3 - P. Pertama, P-1 yaitu peserta, meliputi peserta sinode, undangan dan peninjau. Kedua, P-2 yaitu pemimpin sidang yakni majelis persidangan, majelis pemilihan, pemimpin ibadah dan ketua-ketua kelompok.
Kemudian Ketiga, P-3 yaitu panitia. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain, keanggotaan panitia, kelengkapan tempat, kelengkapan persidangan dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Setelah bimbingan dari Ephorus, Ketua Umum SG HKBP, Pdt Dr Victor Tinambunan MST memimpin rapat perdana panitia. Seluruh panitia diarahkan memahami tugas dan tanggungjawab masing-masing dan memikirkan kelancaran pelaksanaan SG seperti, pemilihan praeses, apakah panitia pemilihan praeses dilaksanakan manual atau digital.

Adapun panitia SG ke- 67, diketuai oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pdt Dr Victor Tinambunan sekaligus sebagai ketua umum dan Kepala Biro Personalia, Pdt Rikson Hutahaean MTh sebagai Sekretaris Umum SG (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru