Sabtu, 21 September 2024

Produktivitas Padi Turun di Maligas Tongah, Harga GKP Naik jadi Rp 5.600 per Kg

Redaksi - Jumat, 19 April 2024 18:53 WIB
521 view
Produktivitas Padi Turun di Maligas Tongah, Harga GKP Naik jadi Rp 5.600 per Kg
Foto: Ist/harianSIB.com
Ilustrasi panen padi.
Maligas Tongah (SIB)
Musim panen padi di Nagori Maligas Tongah Kecamatan Tanahjawa Simalungun sudah tiba, namun kondisi harga gabah kering panen (GKP) malah naik dari sebelumnya Rp 5.400 menjadi Rp 5.600 per kg.
Demikian informasi yang dihimpun wartawan SIB dari sejumlah warga petani sawah di Dusun Timbaan Nauli yakni R br Siahaan (Op Bintang) dan J Sinaga (Bp Princes), Kamis (18/4).
Menurut penuturan sejumlah petani, produktivitas panen padi di musim ini mengalami penurunan jika dibandingkan musim panen sebelumnya. Jika sebelumnya per rante bisa menghasilkan 23 kaleng padi, kini produktivitasnya turun menjadi 20 kaleng padi per rante.
J Sinaga dan Op Bintang mengatakan, hasil panen belakangan erat kaitannya dengan musim kemarau yang berkepanjangan, yang mengakibatkan hama pengerat merajalela sehingga batang padi banyak mati pucuk dan berpengaruh terhadap perkembangan bulir padi.
Petani masih bersyukur, walau hasil panen mengalami penurunan namun harga padi di musim panen ini bertambah naik. "Kami sangat bersyukur atas meningkatnya harga padi, semoga pemerintah semakin memperhatikan harga gabah," ucap J Sinaga senada dengan boru Siahaan.
Sementara menurut petani lainnya, harga gabah kering giling (GKH) juga bergerak naik dari Rp 7.000 per kg menjadi Rp.7.500 per kg. (**)



SHARE:
komentar
beritaTerbaru