Jumat, 18 Oktober 2024

Yunita Rebeka Marbun, Satu-satunya Srikandi yang Digadang-gadang Ikut Maju di Pilkada Humbahas

Redaksi - Selasa, 19 Maret 2024 15:00 WIB
642 view
Yunita Rebeka Marbun, Satu-satunya Srikandi yang Digadang-gadang Ikut Maju di Pilkada Humbahas
(Foto: Dok/Frans)
Yunita Rebeka Br Marbun 
Humbahas (harianSIB.com)
Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) salah satu kabupaten/kota yang bakal mengikuti pilkada serentak pada 2024. Sejumlah nama sudah mulai digadang-gadang bakal maju menjadi calon Bupati/Wakil Bupati Humbahas periode 2024-2029.
Salah satu sosok yang ingin maju menjadi kontestan Pilkada 2024 adalah Yunita Rebeka Br Marbun. Yunita merupakan satu-satunya perempuan atau srikandi yang terang-terangan menyatakan diri untuk maju menjadi orang nomor satu di Humbahas.
Wanita kelahiran 1970 itu, sudah sejak 2 tahun terakhir turun menemui berbagai elemen masyarakat sampai ke pelosok desa yang ada di daerah itu, untuk bersosialisasi dan ramah tamah dengan masyarakat.
"Sejak awal 2022 saya sudah bersosialisasi ke 153 desa dan 1 kelurahan yang ada di Humbang Hasundutan untuk melihat secara langsung kondisi atau keadaan dari desa dan masyarakatnya, sekaligus berdiskusi tentang hal-hal yang menjadi kerinduan masyarakat sebagai masukan ketika saya nanti duduk dan dipercaya menjadi bupati tahun 2024 ini," kata Yunita kepada wartawan, baru-baru ini, di Doloksanggul.
Lebih lanjut istri dari Ir Febri Wibawa Parsa Sihombing ini menjelaskan, dalam setiap pertemuan dengan masyarakat, dia selalu menyampaikan visi misi bagaimana membangun Humbahas lebih baik lagi ke depan, seperti pembangunan infrastruktur yang merata, menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, meningkatkan kualitas SDM yang baik melalui pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.
Berikutnya yang tak kalah lebih penting bagi dia yaitu, bagaimana membangun perekonomian yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu langkah yang dia gaungkan dengan mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Kata dia, semenjak tahun 2016, dia telah aktif mengadakan pameran atau expo di Indonesia sampai ke mancanegara, bahwa UMKM di Indonesia saat ini masih perlu dikembangkan dalam cara pengelolaannya, strategi pengembangan, konsep pemasaran hingga sumber daya manusianya.
"UMKM di Indonesia memiliki potensi dan peluang yang sangat besar untuk ditingkatkan jika dikelola secara benar, apalagi pemerintah mendukung UMKM dengan beberapa program regulasinya," ungkapnya.
Saat ini, kata dia, perlu adanya pihak yang peduli tentang UMKM, mulai dari memberikan pelatihan, pendampingan hingga membuka akses permodalan dan pemasaran untuk para pelaku UMKM.
Selain aktif membangun UMKM, ibu tiga anak ini juga sukses membangun usaha bersama suami dengan menggeluti bisnis yang bergerak di bidang industri keuangan lebih dari 17 tahun.
Beberapa perusahaan yang telah berhasil didirikan dan dikembangkan antara lain perusahaan di bidang asuransi, pialang reasuransi, aset manajemen, konsultan keuangan, media, hingga perusahaan IT dan membentuk asosiasi yang bergerak memajukan UMKM.
Ini membuktikan Yunita adalah sosok wanita yang sukses dalam berbisnis dan terus fokus membantu dunia usaha kecil, namun tetap menjalankan tugas sebagai ibu teladan bagi keluarga.
"Semua pengalaman yang saya miliki ini, akan jadi modal saya menjadi semakin mantap dan siap untuk dipercayakan sebagai "Parhobas" untuk memimpin Humbang Hasundutan sebagai bupati untuk 5 tahun ke depan," pungkasnya. (**)

Editor
:
SHARE:
komentar
beritaTerbaru