Minggu, 08 September 2024

Belum Gajian, PPDPK Pemkab Labusel Terpaksa Ngutang Hadapi Ramadan

Redaksi - Jumat, 08 Maret 2024 15:51 WIB
225 view
Belum Gajian, PPDPK Pemkab Labusel Terpaksa Ngutang Hadapi Ramadan
Foto: Ist/harianSIB.com
Ilustrasi 
Kotapinang (harianSIB.com)
Menghadapi datangnya Bulan Suci Ramadan 1445 H, sejumlah Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPDPK) jajaran Pemkab Labuhanbatu Selatan (Labusel) terpaksa cari pinjaman uang.
Pasalnya, hingga kini mereka belum juga gajian. Padahal, mereka sudah bekerja selama hampir tiga bulan.
“Ini sudah mau tiga bulanlah belum gajian. Terpaksa ngutang uang untuk punggahan, Ramadan dan persiapan Lebaran. Biasanya persiapan Lebaran dilakukan sebelum Ramadan, karena saat menjelang Idul Fitri semuanya mahal. Sekarang saja sembako semua mahal, mulai beras, telur, cabai dan sebagainya,” kata seorang tenaga PPDPK di salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kepada wartawan, Jumat (8/3/2024).
PPDPK lainnya mengatakan, peristiwa seperti ini setiap tahun mereka rasakan. Saat awal tahun, minimal tiga bulan pertama mereka tidak gajian.
“Tahun lalu, bulan April kami baru gajian. Memang gajinya dirapel untuk empat bulan, tapi selama empat bulan itu kami terpaksa cari pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Heran juga kenapa bisa seperti ini,” katanya.
Sekdakab Labusel, Heri Wahyudi M, yang dikonfirmasi membenarkan kondisi tersebut. Dia pun berharap para tenaga PPDPK besabar, karena saat ini berkasnya sedang dalam proses dan dalam waktu dekat gaji sudah dapat dibayarkan.
“Sudah diteken berkasnya, dalam waktu dekat akan dibayarkan,” katanya.
Disinggung mengapa setiap tahun permasalahan tersebut terjadi, Heri mengaku ada regulasi terbaru yang menyatakan PPDPK sudah ditiadakan. Sebagai gantinya kata dia, sekarang sudah ada tenaga P3K.
"Ada regulasi baru, sekaligus Pemkab Labusel melakukan evaluasi para tenaga PPDPK yang bandel dan jarang masuk kerja," katanya. (*)

Editor
:
SHARE:
komentar
beritaTerbaru