Jumat, 18 Oktober 2024

KPU Humbahas Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Redaksi - Kamis, 01 Februari 2024 19:57 WIB
298 view
KPU Humbahas Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024
Foto: Fuad Hasim/detikcom
Ilustrasi 
Humbahas (SIB)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melaksanakan simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 di lokasi TPS yang dipusatkan TPS 21 Kelurahan Pasar Doloksanggul, Lapangan Merdeka Doloksanggul, Selasa (30/1).

Ketua KPU Humbahas Meena Cibro dalam sambutannya mengatakan, simulasi pemungutan dan penghitungan serta penggunaan Sirekap (Sistim informasi rekapitulasi suara) itu dalam rangka pemantapan penguasaan tata cara atau SOP (Standart Operating Prosedure) pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Simulasi ini kita laksanakan guna mensukseskan tata cara pemilihan umum baik itu Pilpres dan anggota DPR mulai tingkat daerah kota, provinsi, dan pusat serta anggota DPD RI," kata Cibro.

Lebih lanjut dijelaskan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu itu melibatkan para ketua dan anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dari 10 Kecamatan se-Kabupaten Humbahas, Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) dari 153 desa dan satu kelurahan, ketua dan anggota KPPS dan PTPS pada TPS 21 Kelurahan Doloksanggul.

"Kita berharap pada Pemilu yang akan datang masyarakat tidak Golput, dan melaksanakan Pemilu degan azas langsung umum bebas rahasia jujur dan adil," katanya.

Sementara itu, Bupati Humbahas diwakili Kaban Kesbang Pol Ferry Sitorus mengatakan, dengan dilaksanakannya simulasi itu, masyarakat nantinya dapat memahami cara dan proses pemungutan suara, sehingga pada pelaksanaan Pemilu nantinya dapat berjalan lancar, aman dan tertib.

Dia juga berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Humbahas dapat memberi hak suaranya pada Pemilu 14 Januari 2024 nanti, serta sama-sama menjaga kekondusifan Humbahas. Sehingga apapun hasil dari penyelenggaraan Pemilu nantinya tidak terjadi intervensi maupun intimidasi, demi suksesnya Pemilu khususnya di Kabupaten Humbahas.

Hadir dalam simulasi itu, Pabung 0210/TU Mayor Ojak Simarmata, Kabag Ops Polres Humbahas Kompol Firman, Kasi Intel Kejari Humbahas Gery Gultom, Komisioner Bawaslu Humbahas Efrida Purba, para Komisioner KPU Humbahas, Kasat Intel Polres Humbahas, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (**)

SHARE:
komentar
beritaTerbaru