Jumat, 20 September 2024

Persiapan Pemilu 2024, Polres Tebingtinggi Gelar Sispam Kota

Redaksi - Rabu, 18 Oktober 2023 19:33 WIB
305 view
Persiapan Pemilu 2024, Polres Tebingtinggi Gelar Sispam Kota
Foto: Dok/Humas Polres
SISPAM KOTA: Personel Polres Tebingtinggi  melaksanakan Sistem Pengamanan (Sispam) Kota di Kantor KPU Kota Tebingtinggi, Jalan RS Umum, Tebingtinggi, Rabu (18/10/23).
Tebingtinggi (harianSIB.com)

Persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polres Tebingtinggi menggelar Sistem Pengamanan (Sispam) Kota, di Kantor KPUD Tebingtinggi, di Jalan RS Umum, Tebingtinggi, Rabu (18/10/23), dipimpin Waka Polres Tebingtinggi Kompol Asrul Robert Sembiring.

Kegiatan pengamanan Pemilu 2024 Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024 di wilayah hukum Polres Tebingtinggi tersebut diihadiri, Pejabat Utama Polres Tebingtinggi, Kapolsek, Wadanki 1 Batalyon B Sat Brimob Tebingtinggi Iptu Heddy Marpaung, Ketua KPU Rudi Herwin, Komisioner Divisi Data KPU Tebingtinggi Emil Sofyan, dan Kabid Trantibum Sat Pol PP Tebingtinggi Sariahman Damanik.

Kegiatan itu juga diikuti 5 pleton pasukan gabungan terdiri dari 1 Pleton PHH Brimob, 1 Pleton Dalmas Lanjut, 1 Pleton Dalmas, 1 Pleton Negosiator dan 1 Pleton Sat Pol PP.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan Polres Tebingtinggi menghadapi Pemilu 2024," kata Kompol Asrul.

Simulasi dimulai informasi dari Sat Intelkam bahwa hari ini akan terjadi aksi unjuk rasa dari massa pendukung. Adapun yang melatarbelakangi unjuk rasa ini, karena massa merasa keberatan dengan hasil rekapitulasi penghitungan suara di PKK. Kemudian, massa mulai berkumpul di depan kantor KPUD Tebingtinggi untuk melaksanakan unjuk rasa, namun dihalangi personel yang melaksanakan pengamanan di KPU.

Beberapa saat kemudian, pasukan Dalmas tiba di kantor KPUD Tebingtinggi, lalu ditempatkan pasukan Dalmas awal dan Pleton Polwan sebagai tim negosiator di depan gerbang kantor KPU, kemudian tim negosiator melakukan negosiasi dengan para pengunjuk rasa.

Namun, massa terus berteriak teriak dan melakukan upaya paksa untuk masuk ke kantor KPU Tebingtinggi. Sementara itu tim negosiator melakukan negoisasi dengan mengajak beberapa perwakilan untuk menemui perwakilan dari Ketua KPU dan disisi lain pleton Dalmas lanjut melaksanakan persiapan.

Semakin lama massa semakin rusuh dan semakin anarkis. Massa menerobos barikade polisi dan mencoba masuk ke kantor KPU Tebingtinggi dan akhirnya massa berhasil menerobos barikade polisi untuk mencoba masuk ke kantor KPU Tebingtinggi.

Selanjutnya, tim dalmas melakukan lintas ganti dari Dalmas awal ke Dalmas lanjut, dan di waktu bersamaan tim negosiator melakukan imbauan kepada pengunjuk rasa agar tidak melakukan tindakan melanggar hukum dan segera menyerahkan peralatan ataupun barang barang berbahaya lainnya kepada petugas.

Karena massa masih tetap melakukan tindakan anarkis dan semakin rusuh, kemudian pleton Dalmas melakukan lintas ganti dari Dalmas lanjut kepada PHH Brimob dan pleton PHH Brimob melakukan pendorongan terhadap massa dan memecah massa dan akhirnya massa berhasil dibubarkan. (*)


Editor
:
SHARE:
komentar
beritaTerbaru