Sabtu, 21 September 2024

Pantau Harga Sembako, Pemkab Asahan Sidak Pasar

Redaksi - Rabu, 12 April 2023 22:09 WIB
199 view
Pantau Harga Sembako, Pemkab Asahan Sidak Pasar
(ANTARA/HO-Kominfo)
Asisten Ekbang Pemkab Asahan, Oktoni Erianto didampingi forkopimda saat melakukan kunjungan ke pasar untuk memastikan bahan pokok tersedia.
Kisaran (SIB)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan diwakili Asisten Ekonomi Ir Oktoni Erianto MMA melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pajak Kartini, Pajak Diponegoro, Gudang Bulog, Kilang Padi Petani dan Kilang Padi Kisaran. Giat itu untuk memantau harga sembilan bahan pokok (Sembako) menjelang berakhirnya Ramadan 1444 Hijriah.
"Kami sengaja melakukan sidak pasar tradisional hari ini untuk memantau stabilitas pasokan dan harga pangan, serta mengetahui langsung ketersediaan barang kebutuhan pokok maupun harga di tingkat pedagang," sebut Oktoni Erianto saat gelar sidak di Pajak Kartini, Selasa (11/4).
Ia mengatakan, bahwa dari hasil sidak diketahui ketersediaan sembilan bahan pokok mencukupi dan harga relatif stabil. Meskipun ada beberapa kebutuhan pokok yang naik, tapi tidak dalam nilai yang signifikan.
Adapun harga bahan pokok yang cukup stabil di antaranya beras, telur, minyak curah, daging ayam dan daging sapi. Demikian juga dengan harga sayuran relatif stabil dari harga sebelumnya.
“Informasi dari pedagang, harga beras masih stabil juga telur, daging ayam juga daging sapi. Harapan kami, harga tetap stabil hingga menjelang Idul Fitri nanti," sebutnya.
Ia menambahkan, bahwa harga bahan pokok di pasaran tergantung permintaan dari masyarakat. Karena sesuai hukum pasar, jika permintaan banyak dan barang sedikit maka harga akan naik.
“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aksi borong. Karena apabila permintaan banyak dan barang kosong, maka harganya akan naik dan susah mendapatkan barang,” tutupnya.
Sementara itu, Kadis Kopdagin Drs Ilham menjelaskan, bahwa untuk harga kebutuhan pokok dari hasil pantauan minggu ini relatif stabil dan masih normal.
Seperti beras premium Rp 13.500 per Kg, beras medium Rp 12.000 per Kg. Harga daging ayam broiler Rp 20.000 per Kg, ayam kampung Rp 50.000 per Kg, daging sapi Rp 130.000 per Kg, daging kambing Rp 130.000 per Kg.
Sedangkan harga telur ayam Rp 28.000 per Kg, cabai merah besar Rp 25.000 per Kg, cabai rawit Rp 18.000 per Kg, bawang merah Rp 30.000 per Kg dan bawang putih Rp 32.000 per Kg. (E5/a)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru