Jumat, 18 Oktober 2024

HPJI Gelar Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Konstruksi Jalan dan Jembatan di Samosir

Redaksi - Sabtu, 28 Januari 2023 20:14 WIB
309 view
HPJI Gelar Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Konstruksi Jalan dan Jembatan di Samosir
Foto : ANTARA/HO
Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, menghadiri Seminar Nasional Teknik Jalan 2023 dengan Tema  "Peningkatan  Kualitas Konstruksi Jalan dan Jembatan" yang digelar di Samosir Cottages, Tuktuk Siadong, K
Samosir (SIB)
Seminar nasional peningkatan kualitas konstruksi jalan dan jembatan dilaksanakan di Hotel Samosir Cottages, Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo Samosir, Jumat (27/1).

Hadir Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, Kepala Bappeda Rajoki Simarmata, Staf Ahli Bupati (SAB) Bidang TKP dan SDM Rudi Siahaan, SAB Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hut Isasar Simbolon, Kabag Pembangunan Eris R. Simbolon.

Seminar nasional peningkatan kualitas konstruksi jalan dan jembatan tersebut diselenggarakan oleh DPD HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia) Sumatera Utara bekerjasama dengan BBPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional) Sumatera Utara yang juga dihadiri Ketua Umum DPP HPJI, Dr. Ir. Hedy Rahadian dan Ketua DPD HPJI Sumut, Ir Umar Zunaidi Hasibuan.

Peserta seminar adalah jajaran Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR dan anggota HPJI Se-Indonesia secara daring dan luring.

Sejumlah narasumber di antaranya, Mr. Hein De Jong (Specialist Value Engineering in ESP Project), Elvin Tehmono (Value Engineering Consultant in PMC), Timme Hendriksen (VE Coordinator in Directorate General of Railway Netherland), Ir Iwan Zarkasi, M.Eng, SC Direktur LSP Infrastruktur Jalan dan Jembatan Indonesia, Dr. Ir. I Nyoman Suaryana, M.Sc (Kabid II Pertemuan Ilmiah, Publikasi dan Jurnal DPP HPJI) dan Prof. Widjojo Adi Prakoso, Ph.D, GEng (Guru Besar UI).

Saat membuka acara dalam sambutannya Ketua Umum DPP HPJI Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.Sc menyampaikan penyelenggaraan seminar ini adalah untuk memberikan pengetahuan pada perencanaan dan pelaksanaan proyek jalan dan jembatan dan pendalaman dalam mengurangi biaya dalam satu proyek.

Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang menyampaikan selamat datang di Samosir Negeri Indah Kepingan Surga, kepada seluruh panitia dan peserta seminar.

Dikatakannya sejak kunjungan pertama Presiden RI Joko Widodo di Desa Tomok, beberapa proyek infrastruktur nasional sektor bina marga telah dikerjakan di Samosir di antaranya, Preservasi dan Pelebaran Jalan Nasional dan Jembatan Lingkar Samosir, Penanganan Jalan Akses Wisata Rohani dan Penggantian Jembatan Aek Tano Ponggol. Atas terlaksanya proyek dimaksud, melalui acara itu disampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung pembangunan, sehingga Kabupaten Samosir sungguh merasakan dampak positif yang luar biasa, salah satunya dengan meningkatnya wisatawan yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Selanjutnya Wabup Martua juga berharap melalui seminar tersebut semoga dapat meningkatkan kualitas jalan dan jembatan secara khusus di Samosir dan secara umum di penjuru NKRI. Wabup Martua juga menyampaikan terimakasih kepada panitia yang telah memilih lokasi penyelenggaraan di Kabupaten Samosir sebagai bagian dari paket wisata meeting, incentive, conference, exhibition (MICE) yang dapat mempromosikan wisata Samosir, produk UMKM yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, katanya. (G2/a)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru