Sabtu, 21 September 2024

Pembangunan IPA SPAM IKK Tarutung Ditargetkan Rampung Juni 2023

Redaksi - Sabtu, 28 Januari 2023 19:18 WIB
304 view
Pembangunan IPA SPAM IKK Tarutung Ditargetkan Rampung Juni 2023
Foto Dok Kominfo
WEJANGAN: Bupati Taput, Nikson Nababan saat menyampaikan wejangan dalam acara ground breaking di lokasi IPA di Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon, Jumat, (27/1). 
Tapanuli Utara (SIB)
Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan menargetkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Tarutung rampung pada Juni mendatang.

"Harapan saya pembangunan ini bisa rampung pada Juni 2023 sehingga di tiga kecamatan yakni, Kecamatan Tarutung, Sipoholon dan Siatas Barita tidak lagi mengalami krisis air minum," ucap Nikson saat acara ground breaking di lokasi IPA di Kelurahan Situmeang Habinsaran Kecamatan Sipoholon, Jumat (27/1).

Menurutnya, wujud perjuangan panjang pembangunan itu diawali dengan dukungan Presiden RI Joko Widodo, Menteri PUPR, Kepala Balai dan anggota DPR RI Putra Daerah Taput Sukur Nababan serta kepala daerah setempat yang selalu memberikan perhatian untuk kemajuan Taput.

Oleh karenanya, Nikson mengharapkan, agar seluruh warga Taput khusus warga Kecamatan Tarutung, Sipoholon dan Siatas Barita membantu dan mempercepat agar pembangunan IPA SPAM cepat rampung.

"Tolong, jangan ada yang mempersulit karena ini untuk kita bersama. Ketika kebutuhan air dan pengguna air bertambah tentu akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita," ujarnya seraya bersyukur tahun ke tahun PAD Pemkab Taput meningkat.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Hiskia Pasaribu mengatakan, bahwa tujuan pembangunan IPA SPAM tersebut adalah untuk memperlancar air minum yang lebih layak lagi dengan harapan masyarakat di tiga kecamatan semakin sehat dan makmur.[br]




Di bagian lain warga setempat Jhonson Situmeang mengaku senang karena sudah dibangun air baku jadi air bersih yang sebelumnya mengalami krisis air.

Usai acara, diakhiri dengan peletakan batu pertama IPA SPAM oleh Bupati. Turut dihadiri, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Taput Marihot Simanjuntak, BPPWSU dan PT Monhas.

Kemudian, Kadis Perkim Budiman Gultom, Kadis PUPR Dalan Simanjuntak, Dirut PDAM Mual Natio Lamtagon Manalu, Kabag Prokopim David Nainggolan, Camat Sipoholon Ronal Situmorang, Camat Tarutung Reinhard Lumbantobing, Camat Siatas Barita Elyanto Sitompul para Kades di tiga kecamatan serta Lurah Kecamatan Sipoholon, Tarutung dan Siatas Barita. (BR6/a)







Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru