Jumat, 20 September 2024

Promosi Pasar Tani, Bupati Simalungun Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal

Redaksi - Rabu, 19 Oktober 2022 17:42 WIB
355 view
Promosi Pasar Tani, Bupati Simalungun Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal
Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang
SERAHKAN: Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyerahkan 2 unit truk pengangkut sampah untuk Kecamatan Dolok Pardamean dan Pematang Sidamaniksaat promosi pasar tani, di Stadion Mini Jalan Asahan Km 7 Nagori Lestari Indah, Kecama
Simalungun (harianSIB.com)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bekerja sama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) menggelar promosi pasar tani, di Stadion Mini Jalan Asahan Km 7 Nagori Lestari Indah, Kecamatan Siantar, Rabu (19/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak masyarakat untuk mencintai produk lokal hasil pertanian dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Mari berbelanja dan mengonsumsi produk Kabupaten Simalungun. Cintai produk lokal, rakyat harus sejahtera," kata Radiapoh.

Ia pun mengapresiasi kegiatan promosi pasar tani sebagai upaya pengembangan produk pertanian hingga prosespemasarannya .

Sebanyak 70 persen penduduk Kabupaten Simalungun adalah petani. Karenanya, sektor pertanian dinilai perlu dikembangkan untuk meningkatkan taraf hidup petani dan mengoptimalkan ketahanan pangan.

"Sektor hilirisasi harus mendapat dukungan dari stakeholder. Karenanya, kita akan launching (peluncuran) pasar modern di tempat ini (stadion mini) pada masa mendatang," urainya.

Ketua KTNA Simalungun Moses Irianto Pasaribu mengatakan, penggunaan pupuk organik adalah salah satu solusi untuk mengatasi kelangkaan dan mahalnya pupuk bersubsidi. [br]



Pupuk organik sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan.

Penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang dapat meningkatkan produktivitas lahan dan dapat mencegah degradasi lahan.

Sementara itu, Ketua Panitia Ramadhani Purba menjelaskan tujuan promosi pasar tani yaitu untuk pengembangan pertanian, meningkatkan agribisnis yang saling menguntungkan dan mempromosikan produk tani unggulan.

"Kita berharap dapat menciptakan petani yang lebih mandiri dari sektor hulu ke hilir. Hal ini dapat tercapai apabila pemerintah, KTNA, petani dan masyarakat berkoordinasi dengan baik," pungkasnya. (*)





Editor
:
SHARE:
komentar
beritaTerbaru