Jumat, 20 September 2024

Rektor USU Tekankan Kualitas Karakter Kepada 3.180 Wisudawan

Redaksi - Kamis, 15 September 2022 18:18 WIB
363 view
Rektor USU Tekankan Kualitas Karakter Kepada 3.180 Wisudawan
Foto: Ist/harianSIB.com
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin SSos MSi mewisuda  3.180 wisudawan  di Auditorium USU, Selasa (13/9). 
Medan (SIB)
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin SSos MSi mewisuda 3.180 wisudawan di Auditorium USU, Selasa (13/9).

Wisuda periode ini mengambil tema “Gritty Leadership: Mengelola Perpaduan Passion dan Perseverance untuk mendorong alumni USU hebat”.

Rektor menjelaskan, tantangan untuk bisa bertahan bahkan bergerak menjadi lebih baik di era disrupsi membutuhkan tidak hanya kemampuan literasi dan kompetensi.

"Lebih dari itu, dibutuhkan kualitas karakter yang mencakup rasa ingin tahu, inisiatif, ketekunan, kemampuan beradaptasi, berjiwa pemimpin, dan kesadaran terhadap sosial budaya," pesan Rektor.

Rektor juga menyampaikan, tidak mudah meraih keberhasilan dan kesuksesan di era sekarang yang hiper kompetitif.

Mereka yang memperolehnya pasti melakukan tidak hanya menyampaikan perlunya masa depan yang lebih baik, tapi juga harus mampu menyusun dan mengomunikasikan visi, serta memotivasi dan menginspirasi untuk mewujudkan visi tersebut.

Secara lugas, kata Rektor, Duckworth menjelaskan, untuk mencapai prestasi tidak boleh hanya mengandalkan bakat alami, namun yang paling penting adalah usaha yang dilakukan dan respon terhadap hambatan.

Agar bisa memperoleh kemampuan untuk melakukan sesuatu, perlu bakat dalam jumlah yang sedikit maupun banyak.[br]






"Saudara harus menjadi pembelajar yang tangguh, belajar sepanjang hayat dari dan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Modal besar yang saudara miliki saat ini adalah lahir sebagai lulusan Universitas Sumatera Utara, yang merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia," tukasnya.

Muryanto berharap para lulusan dapat membantu tugas mereka di universitas dengan selalu memberikan informasi terkait aktivitas lulusan di dunia kerja setelah wisuda.

Di sisi lain, Rektor menerangkan, wisuda periode ini sebanyak 3.180 orang terdiri dari 1.256 orang (39.50 %) pria dan 1.923 orang (60.47 %) wanita.

"Dapat kami informasikan hingga saat ini jumlah lulusan USU adalah 239.604 orang. Di antara wisudawan/wisudawati yang diwisuda hari ini, terdapat beberapa orang yang berhasil lulus dengan predikat terpuji atau Cumlaude," tandasnya. (A2/c)





Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru