Jumat, 20 September 2024

Wakil Ketua DPRD Langkat Minta Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Produk Lokal

* Sekdakab: Pemkab Langkat Terus Lakukan Pemetaan APBD
Redaksi - Sabtu, 03 September 2022 19:38 WIB
201 view
Wakil Ketua DPRD Langkat Minta Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Produk Lokal
Foto: Ist/harianSIB.com
Ilustrasi Industri makanan Produk Lokal 
Langkat (SIB)
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Langkat Ralin Sinulingga SE meminta masyarakat Kabupaten Langkat meningkatkan budaya konsumsi produk lokal yang bertujuan mendukung perekonomian nasional menjadi mandiri.

“Mari kita tingkatkan komsumtif produk lokal dan industri rumah tangga agar perekonomian kita dapat terdongkrak,” sebut Ralin Sinulingga SE mendukung Gerekan Nasional Bangga Buatan Indonesia struksi Presiden Jokowi maupun instruksi Mendagri Tito Karnavian yang mengancam copot kepala daerah belanjakan anggaran produk asing belum lama ini.

Misalnya, sebutnya bila baju yang kita pakai merek Korea. Padahal baju dengan merek lokal dengan barang yang sama, dan mutunya tidak kalah.

Tetapi masyarakat cenderung menjadi korban merek sehingga dengan selisih harga sangat jauh berbeda, sebutnya.

“Kenapa hanya karena harus korban merek. Menjadikan selisih harga yang jauh berbeda. Karenanya kita sangat mendukung produk-produk lokal dan kita mengajak masyarakat juga membudayakan cinta produk lokal,” sebut Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Langkat ini menambahkan.

Karenanya Bangsa Indonesia harus mengingat sejarah Bangsa Jepang yang kini bangkit maju karena dengan system ekonomi tertutup. Dimana semua masyarakatnya diajak memakai semua produk-produk dari dalam negerinya sendiri.

“Kita ingat Jepang dengan sistem ekonomi tertutup itu Jepang bisa bangkit . Dia tidak mau beli produk dari luar. Hasilnya seperti yang kita ketahui sekarang,” sebutnya lagi.

Karenanya sebutnya ia mengimbau seluruh para wakil rakyat, birokrat, kepala desa semua mari konsumtip dengan pruduk-produk lokal, ajaknya.

Sementara Pemkab Langkat menanggapi kebijakan Mendagri Tito Karnavian yang meminta realisasi APBD menggunakan produk dalam negeri sebesar 40 persen, Amril selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat yang baru menjabat itu mengakui, pihaknya terus melakukan pemetaaan untuk mendukung terhadap kebijakan Mendagri tersebut.

“Kita mendukung dan sampai saat ini kita terus melakukan pemetaan dan pendataan terutama terhadaap penggunaan produk dalam belanja APBD,” sebut Amril saat dikonfirmasi secara terpisah belum lama ini.

Diakuinya, Pemkab Langkat selama ini sebutnya tetap menggunakan produk dalam negeri, misalnya insfrastruktur tetap menggunakan aspal dalam negeri.

Demikian halnya barang dan jasa ,seperti pengadaan mobil. Selama ini Pemkab Langkat tetap membeli mobil merek dalam negeri Toyota, dimana suku cadangnya banyak ditemukan di dalam negeri sendiri, sebutnya.

Selain itu sejumlah jajaran instansi/ OPD Langkat lainnya, seperri untuk pengadaan laptop maupun komputer semuanya berasal dari dalam negeri.

Artinya kita sangat mendukung produk-produk dalam negeri itu dalam rangka meningkatkan perekonomian Indonesia, sebutnya. (A7/a)





Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru