Jumat, 20 September 2024

4 Desa di Kecamatan Telukmengkudu Difogging Dinkes Sergai

* Kadis Imbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat
Redaksi - Sabtu, 18 Juni 2022 18:10 WIB
276 view
4 Desa di Kecamatan Telukmengkudu Difogging Dinkes Sergai
Foto Dok/Dinkes Sergai
FOGGING : Petugas Dinkes Sergai saat melakukan fogging (pengasapan) di pemukiman warga Desa Sialangbuah, Kecamatan Telukmengkudu, Kamis (16/6). 
Sergai (SIB)
Sebagai langkah pencegahan awal terhadap penyakit malaria, petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) melakukan fogging (pengasapan) di empat desa Kecamatan Telukmengkudu.

"Ke empat desa dimaksud antara lain Desa Sialangbuah, Liberia, Pematangkuala dan Desa Pekan Sialangbuah," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sergai Selamat Hartono dalam keterangannya yang diterima SIB, Kamis (17/6), di Seirampah.

Lebih lanjut Selamat menyatakan, pihaknya melakukan pengasapan di empat desa itu guna mengantisipasi meluasnya penularan penyakit malaria. Namun, katanya, proses fogging ini hanya bersifat sementara.

Selamat juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu menerapkan pola hidup sehat dengan memperhatikan kondisi lingkungan pemukiman dan aktif menguras bak mandi, sehingga mempersempit ruang nyamuk untuk bersarang.

"Fogging ini sifatnya sesaat. Masyarakat diminta untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Sebab, peran masyarakat paling dibutuhkan sebagai upaya pencegahan penyakit," ungkapnya.

Maka dari itu, Selamat meminta seluruh tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Sialangbuah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal terhadap penyakit menular maupun tidak. Jangan hanya bekerja di dalam ruangan (kantor), tapi harus aktif terjun ke masyarakat supaya apa yang terjadi di tengah masyarakat bisa diketahui sedini mungkin.

"Berdasarkan data laboratorium Puskesmas Sialangbuah saat ini, tercatat ada 5 warga Desa Sialangbuah yang positif malaria. Kondisi ini tetap dalam pantauan Dinkes Sergai,'' pungkasnya. (C4/d)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru