Sabtu, 21 September 2024

Cegah Demam Berdarah, Ibu Kota Simalungun Difogging

Redaksi - Selasa, 31 Mei 2022 14:08 WIB
364 view
Cegah Demam Berdarah, Ibu Kota Simalungun Difogging
(Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang)
FOGGING: Petugas melakukan pengasapan di lingkungan rumah penduduk untuk memberantas nyamuk aedes aegypti, di Sondiraya, Kecamatan Raya, ibu kota Kabupaten Simalungun, Selasa (31/5/2022). 
Simalungun (harianSIB.com)
Sejumlah petugas melakukan pengasapan (fogging) untuk memberantas nyamuk aedes aegypti sebagai sumber virus demam berdarah dengue (DBD), di Sondiraya, Kecamatan Raya, ibu kota Kabupaten Simalungun, Selasa (31/5/2022).

Asap tebal tampak menyelimuti kompleks pemukiman penduduk, jalan umum, parit drainase dan lainnya. Fenomena seperti itu sangat jarang terjadi di kota berhawa sejuk tersebut.

Warga setempat bahkan mengapresiasi dilakukannya fogging, sebagai salah satu langkah untuk menangkal penyebaran virus demam berdarah.

"Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun, pihak Puskesmas Pamatangraya, lurah beserta kepala lingkungan di Sondiraya yang telah melakukan fogging," tutur Eva, warga setempat.

Kepala Puskesmas Pamatangraya, dr Haposan Silalahi mengatakan, fogging sengaja dilakukan untuk memberantas nyamuk DBD. Kebijakan itu didasari karena adanya warga Sondiraya yang terjangkit DBD dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Kendati sudah difogging, masyarakat diminta untuk tetap giat melakukan aksi bersih-bersih terutama di sekitar tempat tinggal guna mencegah penyebaran nyamuk aedes aegypti. (*)

Editor
:
SHARE:
komentar
beritaTerbaru