Sabtu, 21 September 2024

Wali Kota Medan Tegaskan Gedung Eks Perisai Plaza Tak Pernah Dilelang

Redaksi - Rabu, 06 April 2022 17:00 WIB
838 view
Wali Kota Medan Tegaskan Gedung Eks Perisai Plaza Tak Pernah Dilelang
Foto : Istimewa
Gedung eks Perisai Plaza kini diambil alih oleh Pemko Medan. 
Medan (SIB)
Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution secara tegas memastikan lahan dan gedung eks Perisai Plaza merupakan milik Pemko Medan. Ketegasan itu disampaikan Bobby ketika menjawab wartawan di Balai Kota Medan, Selasa (5/4).

Diungkapkan, masa kerjasama atau BOT gedung tersebut dengan pihak swasta telah berakhir sejak Februari 2018 lalu.

Untuk itu, Pemko Medan melalui OPD terkait melakukan pengosongan dan menguasai gedung itu kembali.

"Lahan dan gedung itu milik Pemko Medan. Dulunya dikerjasamakan dengan pihak swasta dan sekarang masa kerjasamanya sudah berakhir," katanya.

Dijelaskan, saat ini ada pihak yang mencoba mengaku sebagai pemilik serta berusaha menguasai bangunan dan lahan itu.

Menurutnya, hal itu diduga karena pihak tersebut merasa sudah membeli melalui proses lelang di bank.

Disebutkan, pihak bank bukan melelang aset atau lahan tersebut, melainkan masa waktu atau tempo BOT lahan dan gedung tersebut.

"Pengelola sebelumnya dinyatakan tumpur atau bangkrut. Maka, pihak bank melelang masa sisa BOT. Bukan lahannya yang dilelang, tapi masa sisa BOT nya yang dilelang. Contohnya, tidak mungkin karena pengelola Hotel Aston bangkrut, Lapangan Merdeka dijual," tegas Bobby.

Ditegaskan, pihaknya juga tidak pernah menerima uang Rp1. 2 miliar yang ditudingkan sebagai uang retribusi atau kompensasi atas bangunan tersebut. Kembali ditegaskannya, pihaknya tidak pernah melelang lahan tersebut.

"Tak ada uang yang masuk ke kas daerah terkait bangunan itu. Bisa dicek. Kami juga tak pernah menjual bangunan itu. Saat ini bangunan itu sudah kami kuasai kembali. Ke depan mau dijadikan apa, tentunya bisa dimanfaatkan lebih optimal oleh masyarakat, apakah itu untuk pelayanan dasar dan lainnya. Sampai saat ini, belum ada terpikir untuk di-BOT-kan kembali," tambahnya. (A16/f)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru