Sabtu, 21 September 2024
Anggota DPR/MPR RI Hendrik H Sitompul Sosialisasi di Martubung

Perilaku Korupsi Bisa Dikikis Jika Masyarakat Menghayati Empat Pilar Kebangsaan

Redaksi - Jumat, 25 Maret 2022 12:14 WIB
614 view
 Perilaku Korupsi Bisa Dikikis Jika Masyarakat Menghayati Empat Pilar Kebangsaan
(Foto: SIB/Relieve Pasaribu)
SILATURAHMI: Anggota DPR RI/MPR RI Hendrik H Sitompul bersilaturahmi sekaligus berfoto bersama sebagian peserta Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang dilaksanakan di salah satu Gedung Serba Guna di kawasan Martubung, Kecamatan Medan Be
Medan (SIB)
Empat Pilar Kebangsaan sangat penting untuk menangkal upaya pihak asing yang ingin mengganggu keutuhan dan kemajuan Indonesia. Bahkan perilaku korupsi bisa dikikis apabila semua masyarakat Indonesia terutama kalangan pejabat benar-benar menghayati Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hal itu disampaikan anggota DPR/MPR RI Drs Hendrik H Sitompul MM saat menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang dihadiri ratusan warga di Martubung, Kecamatan Belawan, Medan, Selasa (22/3). Sosialisasi itu merupakan perdana dilakukan Hendrik Sitompul yang baru dilantik sebagai anggota DPR RI sekaligus anggota MPR RI baru-baru ini.

“Empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan terutama pada generasi muda. Soalnya banyak kepentingan bangsa lain terhadap Indonesia di era globalisasi yang bisa melunturkan pemahaman kebangsaan kita,” sebut Hendrik yang duduk di Komisi VII DPR RI itu.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan, sosialisasi itu dilaksanakan untuk memberi pemahaman bagi masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. Lebih dari itu berbagai konflik yang sedang maupun yang akan terjadi di dalam negeri, dapat diredam atau diselesaikan dengan baik.

Menurutnya, empat pilar kebangsaan itu tidak hanya mengatasi masalah kebangsaan.

Permasalahan seperti korupsi juga bisa dihilangkan minimal berkurang, apabila setiap orang memiliki integritas tinggi jika benar-benar menghayati dan mengamalkam empat pilar kebangsaan.

“Orang yang memiliki Integritas tinggi cenderung tidak akan melakukan korupsi, dan seseorang yang menghayati dan mengamalkan empat pilar kebangsaan tentu sudah pasti memiliki integritas” tambah Alumnus Lemhanas ini.

Dalam acara sosialisasi itu, Hendrik menghadirkan Prof Dr Madin Gultom SH M.Hum untuk menambah cakrawala dan pemahaman tentang berbangsa dan bernegara bagi ratusan peserta yang hadir. Bahkan pada sesi tanya jawab Prof Dr Madin Gultom dapat memberi jawaban dengan membuat ilustrasi sehingga peserta yang hadir gampang memahami dan terlihat senang.

Mengawali acara sosialisasi, para peserta mendapat buku Empat Pilar Kebangsaan sebagai bahan pada saat acara sosialisasi . Kemudian, panitia mengatur para peserta dan membagikan masker serta handsanitizer untuk mengikuti Prokes Pencegahan Covid-19. Sosialisasi itu juga dimanfaatkan Hendrik Sitompul untuk menyapa, bersilaturahmi dan syukuran bersama ratusan konstituen, pasca dilantik sebagai anggota DPR RI pada 18 Februari 2022 lalu. (R8/a)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru