Jumat, 20 September 2024

USU Raih Opini WTP dari Akuntan Publik untuk Pengelolaan Keuangan 2021

Redaksi - Sabtu, 19 Februari 2022 17:15 WIB
721 view
USU Raih Opini WTP dari Akuntan Publik untuk Pengelolaan Keuangan 2021
usu.ac.id
Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk pengelolaan keuangan 2021.
Medan (SIB)
Universitas Sumatera Utara mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk pengelolaan keuangan 2021 dengan posisi surplus pendapatan sebesar Rp 3,1 milyar. Penilaian yang diperoleh dari Kantor Akuntan Publik Kanaka Puradireja Suhartono itu memperbaiki pengelolaan keuangan pada 2020 yang mengalami defisit anggaran, yang ditengarai sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komite Audit Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (USU), Drs Ardian Arifin MM kepada Humas USU ketika dihubungi melalui telepon dan kemudian berita diteruskan ke wartawan, Sabtu (12/2).

Drs Ardian memaparkan, pada 22 Januari 2022, Kantor Akuntan Publik Kanaka sudah mulai melakukan interim audit.

“Laporan keuangan USU itu kan mengacu pada ISAK 35, yakni penyajian laporan keuangan entitas berorientasi non laba.

Ada 4 laporan keuangan konsolidasian itu, yang pertama laporan posisi keuangan/neraca, kemudian laporan penghasilan komprehensif, ketiga laporan perubahan asset netto dan terakhir laporan arus kas,” terangnya.

Dijelaskannya lebih lanjut, bahwa dari penyusunan laporan konsolidasian USU 2021 yang diserahkan tersebut, ternyata telah sesuai dengan standar akuntansi, yaitu ISAK 35. Usulan jurnal-jurnal koreksi dan re-klasifikasi yang disampaikan oleh Kantor Akuntan Publik Kanaka di dalam pelaksanaan auditnya, kemudian diterima oleh USU, sehingga KAP Kanaka memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Sementara itu, Sekretaris Majelis Wali Amanat (MWA) USU Prof dr Guslihan Dasatjipta SpA (K), dan Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi, secara terpisah juga menyampaikan rasa syukur dan sukacitanya atas perolehan opini WTP tersebut.

Menurut Prof Guslihan, hasil tersebut menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan di 2021 lebih baik dari 2020. “Kita minta supaya laporan keuangan, asset dan lain-lain, pada 2022 ini USU sudah masuk ke sistem integrasi, sehingga bisa dilihat oleh siapapun dan di manapun. Rektor sudah menjanjikan hal itu,” katanya.

Rektor USU Muryanto Amin menyatakan bahwa hasil dari pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik tersebut sangat disyukuri, di mana efisiensi yang dilakukan oleh USU di tengah pandemi, akhirnya membuahkan hasil.

“Kita bersyukur ya karena dapat WTP. Namun perbaikan-perbaikan harus semakin gencar dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. USU selaku PTNBH, tata kelola keuangan dan kepemilikan asset itu akan menjadi program prioritas yang perlu diperbaiki lagi sistemnya. Kita akan melakukan perubahan sistem yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan. Supaya lebih efektif, lebih memadai dan akurat sesuai standar akuntansi keuangan,” pungkasnya. (A2/f)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru