Jumat, 18 Oktober 2024

Bank Sumut Keluarkan Produk KMSB, Bantu Modal UMKM

Redaksi - Sabtu, 18 Desember 2021 10:28 WIB
1.103 view
Bank Sumut Keluarkan Produk KMSB, Bantu Modal UMKM
Foto: SIB/Linggom Parhusip
PAPARKAN: Kepala Kantor Cabang Bank Sumut Perdagangan Simalungun memaparkan produk KMSB Bank Sumut kepada peserta pelatihan UMKM di Kantor Golkar Simalungun Jalan Saribudolok Simalungun, Selasa (14/12).
Simalungun (SIB)
Dalam rangka membantu permodalan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Bank Sumut bekerjasama dengan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemrov Sumut) mengeluarkan program Kredit Mikro Sumut Bermartabat (KMSB) dengan suku bunga tiga persen pertahun tanpa agunan.

Demikian Kepala Kantor Cabang Bank Sumut Wilayah Perdagangan Simalungun Irwansyah ketika menyampaikan kata sambutan pada pelatihan UMKM Himpunan Wanita Karya (HWK) di Kantor Golkar Simalungun Jalan Saribudolok Simalungun, Selasa (14/12).

Irwansyah menyampaikan, selain program (KUR) dengan suku bunga 6 persen per tahun, Bank Sumut bekerjasama dengan Pemrov Sumut saat ini mengeluarkan produk KMSB tanpa agunan untuk modal usaha dan penyediaan sarana dan prasarana fisik usaha dengan batas jumlah pinjaman Rp 0-15 juta dengan suku bunga tiga persen selama tiga tahun untuk modal usaha, dan empat tahun untuk penyediaan sarana dan prasarana fisik usaha.

Dia menerangkan syarat utama pengajuan pinjaman KMSB yakni, Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektorik, memiliki fisik usaha minimal sudah berjalan selama 6 bulan, lokasi usaha minimal radius 5 kilometer dari setiap Kantor Cabang Bank Sumut, bersih dari peminjaman uang baik perbankan atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) minimal selama dua tahun terakhir baik istri maupun suami.

"Pengajuan Produk Bank Sumut KMSB dapat dilakukan perkelompok dan pribadi untuk membantu permodalan UMKM dalam percepatan pemulihan ekonomi di masa pandemi. Setiap penerima manfaat program KMSB akan diawasi pihak Bank Sumut setiap minggu karena produk ini hanya dimiliki Bank Sumut saja," kata Irwansyah.

Sementara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Simalungun Timbul Jaya Sibarani mengapresiasi program Bank Sumut khusus membantu permodalan dalam mengembangkan UMKM di Simalungun dan meminta seluruh peserta pelatihan UMKM memanfaatkan program KMSB Bank Sumut agar dapat lebih berinovasi mengembangkan usaha, sehingga mampu membantu ekonomi keluarga. (D9/f)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru