Jumat, 20 September 2024

Wabup Sergai : Para Guru Harus Beradaptasi dan Memiliki Kemampuan Digital

Redaksi - Minggu, 24 Oktober 2021 17:38 WIB
323 view
Wabup Sergai : Para Guru Harus Beradaptasi dan Memiliki Kemampuan Digital
Foto: Dok/Diskominfo Sergai
PAPARAN: Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan saat menyampaikan paparannya pada pelaksanaan webinar pendidikan bagi guru TK, SD dan SMP se-Kabupaten Sergai, Jumat (22/10), di ruang kerjanya, Kompleks Kantor Bupati, Seirampah.
Sergai (SIB)
Wakil Bupati Serdangbedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan membuka webinar pendidikan bagi guru TK, SD dan SMP se-kabupaten, Jumat (22/10), di ruang kerjanya, Kompleks Kantor Bupati, Seirampah.

Mengawali sambutannya, Adlin Tambunan menyampaikan, situasi pandemi Covid-19 saat ini memang telah mengubah tatanan kehidupan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, khususnya di dunia pendidikan. Pemberlakuan jaga jarak fisik, mengharuskan perubahan pada metode pembelajaran dari tatap muka beralih ke pembelajaran jarak jauh dengan pemanfaatan teknologi informasi.

"Perubahan ini membuat cultural shock (kejutan budaya) hampir di semua lini. Para guru harus segera beradaptasi dengan metode baru dan memiliki kemampuan digital. Untuk itu, dunia pendidikan siap tidak siap harus mampu melakukan transformasi digital supaya dapat mewujudkan generasi yang cerdas di tengah pandemi maupun pasca pandemi," ujarnya.

Lebih lanjut Adlin menyebut, tuntutan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah bagaimana cara guru tetap cakap dan bisa beradaptasi dengan media pengajaran yang tepat serta efektif. Menurutnya, kecakapan digital saat ini memegang peranan penting terhadap keberhasilan proses belajar mengajar.

"Maka dari itu, saya mengimbau ke para guru agar mengenal, menguasai dan memiliki kompetensi digital yang mumpuni, baik dalam hal penggunaan alat maupun penggunaan fitur teknologi informasi," ucap Adlin.

Wabup juga memaparkan, pemanfaatan teknologi informasi dalam ruang belajar digital telah memberi nuansa baru dan mengubah model pendidikan saat ini, baik itu pendidikan formal ataupun nonformal.

Aplikasi pembelajaran digital, sambungnya, dapat memproduksi konten-konten kreatif untuk kegiatan belajar mengajar, sehingga materi yang disajikan oleh pengajar secara audio visual lebih menarik. Terpenting adalah dapat lebih mudah dicerna peserta didik.

Pada kesempatan itu Adlin mengungkapkan bahwa Pemkab memiliki visi menjadikan Sergai yang mandiri, sejahtera dan religius (Maju Terus) telah dijabarkan ke dalam 7 program prioritas dengan sebutan Sapta Dambaan (Sabda).

"Program pertama dalam Sabda yaitu mewujudkan sekolah mandiri, terampil, asri dan berkualitas (Mantab). Hal ini tentunya menunjukkan keseriusan Pemkab dalam memajukan sektor pendidikan untuk menghasilkan generasi Sergai yang "Maju Terus"," tegasnya.

Adlin pun berharap, kiranya seluruh peserta dapat mengikuti webinar pendidikan itu dengan serius, sehingga guru-guru mampu berkiprah secara terus menerus di dunia pendidikan dalam rangka mewujudkan generasi Sergai yang berprestasi.

"Saya sangat mendukung pelaksanaan webinar ini untuk membentuk SDM guru daerah yang menguasai media digital dalam kegiatan pembelajaran. Semoga, webinar yang kita lakukan ini membawa manfaat besar bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat," pungkasnya. (C4/c)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru