Rabu, 20 Nov 2019

32 Warga Kabupaten Simalungun Positif HIV

admin Senin, 16 September 2019 15:33 WIB
Ilustrasi
Simalungun (SIB) -Selama tahun 2018, sebanyak 32 warga Kabupaten Simalungun positif menderita human immunodeficiency virus (HIV).

Data tersebut diperoleh berdasarkan hasil pemeriksaan penderita di klinik Volentry Conseling Test (VCT).

Pelaksana Tugas Kadis Kesehatan Kabupaten Simalungun Edwin Tony Simanjuntak menyampaikan hal tersebut kepada wartawan di Pamatang Raya, Jumat (13/9).

Berdasarkan hasil pemeriksaan VCT, kata Edwin, penderita HIV didominasi oleh wanita pekerja seks.

HIV (human immunodeficiency virus) adalah retrovirus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia. Infeksi dari HIV menyebabkan pengurangan cepat dari sistem kekebalan tubuh, yang menyebabkan kekurangan imun.

HIV bisa dicegah dengan beberapa hal yakni tidak melakukan hubungan seks bagi yang belum suami/istri, setia terhadap pasangan.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan apakah seseorang terkena HIV, bisa mendatangi tempat klinik VCT di beberapa kecamatan seperti Puskesmas Kerasaan, Puskesmas Batu VI, Puskesmas Tapian Dolok, Puskesmas Tanah Jawa, Puskesmas Saribudolok dan Rumah Sakit Umum Daerah Rondahaim Saragih Pamatang Raya, Rumah Sakit Umum Daerah Parapat dan Perdagangan.

Sedangkan untuk menekan penyebaran penyakit HIV ini pihaknya bekerjasama dengan pihak Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan LSM Kesehatan khusus yang peduli dengan HIV rutin melakukan sosialisasi untuk pengurangan dampak terhadap tertularnya HIV dan penyuluhan tentang menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (orang dengan HIV dan AIDS), ujarnya. (S01/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments