Jumat, 18 Oktober 2024
Mendukung Percepatan Danau Toba Jadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Menparekraf RI Beri Kuliah Umum di Sekolah Pascasarjana USI Pematangsiantar

Redaksi - Jumat, 23 April 2021 15:24 WIB
722 view
Menparekraf RI Beri Kuliah Umum di Sekolah Pascasarjana USI Pematangsiantar
(Foto: Dok/Dr Muldri PJ Pasaribu)
KULIAH UMUM: Menparekraf RI, Dr H Sandiaga Uno saat memberikan kuliah umum dengan mahasiswa dan dosen pengajar di Sekolah Pascasarjana Universitas Simalungun melalui zoom, Rabu (21/4). &l
Pematangsiantar (SIB) -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI), Dr H Sandiaga Salahuddin Uno MBA memberikan kuliah umum di Sekolah Pascasarjana Universitas Simalungun (USI) Pematangsiantar secara virtual melalui aplikasi zoom, Rabu (21/4).

Dalam kuliah umum itu, Sandiaga Uno menyampaikan sejumlah poin utama, mulai dari konsep destinasi yang terintegrasi, bersinergi dan terkoordinasi antara pemerintah pusat dan daerah hingga peluang pengembangan daerah-daerah di kawasan Danau Toba berbasis kewilayahan.

Khusus Kota Pematang-siantar, Sandiaga Uno menyampaikan, terdapat arahan konsep pengembangan area, sebagai transit poin dan daya tarik wisata berbasis potensi agro sawit. Sedangkan arahan konsep fasilitas, Kota Pematangsiantar sangat berpotensi untuk mengembangkan transit area, hotel, transit hotel, homestay, pusat kuliner, pusat cenderamata dan agro wisata sawit.

Sebelum menutup kuliah umum, Sandiaga juga mengajak semua pihak untuk memperbanyak even-even kedaerahan. Tujuannya, menjadikan Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun dan wilayah sekawasan Danau Toba turut menjadi destinasi wisata, melalui kekayaan daerah yang dimilikinya.

Pada kesempatan itu, kuliah umum dimoderatori Dr Ummu Harmain MSi dan diikuti seluruh mahasiswa beserta dosen pengajar di Sekolah Pasca-sarjana USI Pematangsiantar. Mengangkat tema, "Mempersiapkan Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun dalam Mendukung Danau Toba Sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas."

Ketua Panitia, Dr Muldri PJ Pasaribu menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kuliah umum, untuk menjelaskan persiapan-persiapan yang dilakukan Kota Pematangsiantar dan beberapa kabupaten sekawasan Danau Toba, dalam rangka mendukung percepatan pembangunan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Senada, Direktur Sekolah Pascasarjana USI Pematang-siantar Dr Jef Rudiantho Saragih MSi menegaskan masih terdapat permasalahan-permasalahan dari berbagai sisi dalam rangka mendukung percepatan pembangunan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Dari sisi perencanaan masih harus bersinergi dalam mendukung program Danau Toba. Untuk sisi ekonomi dan manajemen sumber daya manusia membutuhkan dukungan pemerintah. Sisi hukum membutuhkan harmonisasi, regulasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung program strategis nasional. Kuliah umum dibuka langsung oleh Rektor USI Pematangsiantar, Dr Corry Purba MSi. (D8/d)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru