Sabtu, 21 September 2024

54 Bangunan Rusak Diterjang Puting Beliung di Tigalingga

Redaksi - Rabu, 10 Maret 2021 14:43 WIB
431 view
54 Bangunan Rusak Diterjang Puting Beliung di Tigalingga
Foto: SIB/Pegawai Camat Tigalingga
DITIMPA POHON: Satu unit mobil ditimpa pohon tumbang akibat puting beliung, Senin (8/3) di Desa Lau Sireme.
Sidikalang (SIB)
Sebanyak 53 rumah, tanaman warga dan satu bangunan los rusak diterjang angin puting beliung di Desa Lau Sireme, Lau Bagot, Palding dan Desa Lau Mil Kecamatan Tigalingga, Dairi, Senin (8/3) sore.

Camat Tigalingga, Timbul Tamba, Selasa (9/3) lewat telepon mengatakan, dari 53 unit rumah itu, sebanyak 32 rumah rusak berat, bahkan dua unit rumah bagian atapnya rusak total.

Sementara tanaman rusak di antaranya tanaman jagung, pohon durian, satu unit mobil ditimpa pohon tumbang dan lainnya. Disebutnya, tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu.

"BPBD Dairi bersama pegawai kecamatan terus melakukan validasi data korban bencana, agar bantuan dapat segera disalurkan," ucapnya.

Lebih lanjut Timbul mengatakan, dalam kurun waktu seminggu, sudah 3 kali bencana puting beliung melanda beberapa desa di Kecamatan Tigalingga dan merusak seratus lebih bangunan.

Puting beliung pertama Senin, (2/3) lalu melanda Desa Tigalingga, Lau Sireme dan Lau Bagot merusak bangunan sebanyak 48 unit. Sementara, Jumat (5/3) di Desa Palding merusak bangunan sebanyak 6 unit.

Masyarakat dihimbau waspada pada cuaca ekstrim. Bahkan masyarakat juga dihimbau untuk menebang pohon kelapa dan lainnya yang dekat dengan rumah. Informasi dari masyarakat, kata Timbul, peristiwa puting beliung sering terjadi pada tahun ganjil. (B3/c)

Sumber
: Hariansib edisi cetak
SHARE:
komentar
beritaTerbaru