Senin, 21 Okt 2019

3 Momen yang Dinanti Tak Terwujud di Sail Nias

admin Jumat, 20 September 2019 13:25 WIB
Nias (SIB) -Ada 3 momen yang ditunggu masyarakat pada pagelaran Sail 2019 Nias, namun tidak terwujud.

Pertama adalah kedatangan Presiden Joko Widodo. Ketua Panitia Yasonna Hamonangan Laoly pada konferensi pers memberitahukan, Presiden dipastikan hadir pada acara puncak Sail.

Rencana kedatangan Presiden diikuti dengan pembenahan sejumlah fasilitas serta infrastruktur jalan daerah hingga nasional di penjuru Kepulauan Nias. Tak hanya itu, prasasti juga disiapkan di Nias Selatan untuk ditandatangani Joko Widodo.

Kedua, kedatangan kapal-kapal layar tidak terjadi selama seminggu perhelatan. Padahal sail adalah pelayaran kapal-kapal dari luar negeri untuk mendukung wisata bahari suatu daerah.

"Salah satu tujuan ke Nias sebenarnya menyaksikan demo kapal layar tersebut, namun saya tidak begitu kecewa, karena surfing di Pantai Sorake cukup menghibur," aku Brando, seorang wisatawan asal Medan.

Lalu, janji panitia yang akan menghadirkan wisatawan hingga 10 ribu juga diperbincangkan banyak orang. Sesuai amatan di obyek wisata serta pusat keramaian dan penginapan, kehadiran wisatawan di Kepulauan Nias masih jauh dari harapan.

Klarifikasi ketidakhadiran Presiden telah disampaikan Ketua Panitia Yasonna Laoly. Absennya Jokowi menurut Menkum HAM bukan kesengajaan, namun ada beberapa halangan yang tidak bisa dielakkan, termasuk suasana berkabung nasional atas wafatnya mantan Presiden RI BJ Habibie.

Terkait ketiadaan kapal layar, menurut panitia lokal, Anggereani Dachi, pelayaran telah dilaksanakan Mei lalu pada Rally Yatch. Kegiatan itu diikuti 20 kapal layar dari beberapa negara dan terus berlanjut hingga kini.

Panitia mengaku telah maksimal mendatangkan wisatawan ke Nias. Pengunjung yang hadir diharapkan berdampak mendorong peningkatan wisatawan.

Sejumlah masyarakat menilai Sail Nias berjalan baik dan cukup menghibur. Masyarakat menyampaikan terimakasih kepada panitia. Harapan ke depan promosi dapat lebih efektif. (BR9/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments