Jumat, 20 September 2024

Peringatan HKN Sumut Dipusatkan di Berastagi Karo

* Bupati Karo Serahkan Kartu KIS
- Selasa, 27 November 2018 19:23 WIB
130 view
Peringatan HKN Sumut Dipusatkan di Berastagi Karo
SIB/Dok
Tanah Karo (SIB) -Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 54 tahun 2018 tingkat Provinsi Sumatera Utara diselenggarakan di Berastagi Kabupaten Karo, Senin (25/11), dirangkai dengan kegiatan bakti sosial, senam Germas, pameran kesehatan dan penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kepala Dinas Kesehatan Provsu, Drs Agustama APT Mkes, dalam laporan mengatakan, peringatan HKN ini merupakan Implementasi kegiatan pelayanan kesehatan bergerak, yang dilaksanakan selama 2 hari (26-27/11). Dijelaskan, bahwa  pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, meliputi pelayanan pengobatan, pemeriksaan kadar gula, darah, asam urat, kolesterol, pemeriksaan mata, pemberian kaca mata gratis.

"Secara serentak, Senin (26/11), secara terpisah dilakukan bakti sosial dengan kegiatan yang sama di Puskesmas Juhar, Tiga Nderket dan Lau Baleng," ujarnya.
 Selain itu kata Agustama, juga dilakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dengan motode inspeksi visual asam asetat (IVA) untuk 450 orang di 3 kecamatan. Pemeriksaan spirometri sebanyak 200 orang, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan jiwa, pelayanan penyehat tradisional, pemeriksaan kualitas udara dan donor darah.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara melalui dr Asren Nasution MA staf ahli bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat, yang telah memilih Kabupaten Karo sebagai tempat penyelenggaraan Hari Kesehatan Nasional ke 54 tahun 2018.  

Menurut Terkelin, selama ini sudah dibangun komunikasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Ke depan harapnya, akan terus menjalin komunikasi agar ditahun berikutnya masih bisa bekerjasama lagi untuk kepentingan masyarakat Karo khususnya.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Karo kami mengucapkan selamat dan sukses Hari Kesehatan Nasional. Tema yang diusung, "Ayo hidup sehat, mulai dari kita", harus terus disuarakan, dengan demikian gerakan masyarakat sehat akan terwujud," ungkap Terkelin.

Sementara Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi melalui dr Asren Nasution juga menyampaikan terimakasih kepada Pemda Karo dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Harapan kami, kerjasama yang telah kita jalin selama ini, terus berkelanjutan untuk mewujudkan segala kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini, di akhir kata atas nama Gubernur Sumatera Utara berpesan agar Kabupaten Karo menjadi bagian dari daerah maju, aman dan bermartabat," tutupnya

Peringatan HKN itu juga ditandai dengan penyerahan Kartu Indonesia Sehat secara simbolis kepada masyarakat dilakukan dr Asren Nasution, Bupati Karo Terkelin Brahmana dan para SKPD Karo secara bergiliran.

Turut hadir Sekda Karo Drs Kamperas Terkelin Purba, Kadis Kesehatan Karo drg Irna Safrina Meliala, Kadis Perhubungan Gelora Fajar, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Kadis Perikanan dan Peternakan Metehsa Purba, Direktur RSU Kabanjahe dr Arjuna Wijaya SPp, Kabag Sosial Maria Magdalena br Barus, Camat, OPD dilingkungan Pemda Karo dan para ASN Provsu 

Secara terpisah kegiatan bakti sosial dalam rangkaian HKN di Puskesmas Lau Baleng terlihat antusias masyarakat untuk mendapatkan pelayanan  pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata, periksa gula darah, asam urat, kolestrol dan lainnya, Senin (26/11). Demikian disampaikan koordinator kegiatan Bakti Sosial di Puskesmas Lau Baleng Ruben Situmorang didampingi perwakilan Dinas Kesehatan Kabupten Karo, Kawal Maha SSi Apt ketika dikonfirmasi SIB di Puskesmas Lau Baleng. (B01/l)

Editor
:
SHARE:
komentar
beritaTerbaru