Rabu, 13 Nov 2019

SDN 030376 Bakal Julu Dairi Kekurangan Ruang Kelas

20 Siswa Sempat Belajar Dilantai

redaksi Jumat, 08 November 2019 18:32 WIB
Foto SIB/Berliana Situmorang
KANTOR GURU: Situasi dan kondisi kantor guru SDN 030376 Bakal Julu. Terlihat, lemari menjadi penyekat antara ruang guru, Kepsek dan ruangan yang dipergunakan untuk belajar agama.
Sidikalang (SIB)
SDN 030376 Bakal Julu, Desa Bakal Julu, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, Kabupaten Dairi kekurangan ruang kelas untuk belajar. Pasalnya, sekolah tersebut hanya memiliki 7 ruangan, di mana 6 ruangan dipakai untuk siswa dan 1 lagi dipergunakan untuk kantor guru, sekaligus ruangan Kepsek. Hal tersebut diakui, Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 030376 Bakal Julu, Besman Parhusip kepada wartawan SIB, Rabu (6/11) di kantor guru.

Diakuinya, untuk menyiasati kekurangan yang terjadi, pada saat pelajaran agama, para guru dan Kepsek terpaksa berbagi ruangan dengan siswa. Ruangan tersebut diberi pembatas lemari yang ada di sekolah tersebut. "Pada saat pelajaran agama Katolik, kita berbagi ruangan dengan siswa. Agama Islam memakai ruangan kelas Penjas dan agama Kristen memakai ruangan sendiri," ucapnya.

Ditambahkannya, penambahan ruangan tidak bisa mereka lakukan karena dana yang tidak mencukupi. Diakuinya, dana BOS yang mereka kelola tidak bisa dipergunakan untuk menambah ruangan, karena jumlahnya terbatas. "Kalau dana BOS kita buat untuk penambahan ruangan sangat tidak mungkin, karena jumlahnya sedikit serta hal tersebut kita pergunakan untuk belanja pegawai dan kebutuhan lain-lain," ungkapnya.

Masih dalam penuturannya, jumlah keseluruhan muridnya sebanyak 153 orang. Untuk jumlah guru termasuk Kepsek, 9 di antaranya berstatus ASN dan 4 orang tenaga honorer. Selain itu, Besman mengungkapkan, pada penerimaan siswa baru tahun lalu, sekitar 20 murid sekolahnya sempat belajar di lantai gara-gara tidak ada bangku.

"Tidak hanya kurang kelas, murid kami juga sempat belajar dilantai karena tidak ada bangku. Namun, setelah memohon ke Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi dan menunggu lebih kurang 3 bulan, permohonan bangku baru itu akhirnya dikabulkan," lirihnya.

Untuk selanjutnya, Besman sangat berharap kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi supaya lebih memperhatikan sekolah mereka. Besman berharap, ruangan mereka dapat segera ditambah. "Kita masih sangat membutuhkan ruangan, mulai dari ruangan guru, Kepsek dan ruangan agama. Besar harapan kami, keinginan ini bisa dapat dipenuhi untuk kelangsungan pendidikan anak-anak yang ada di Desa Bakal Julu ini," harapnya. (K06/t)

KANTOR GURU: Situasi dan kondisi kantor guru SDN 030376 Bakal Julu. Terlihat, lemari menjadi penyekat antara ruang guru, Kepsek dan ruangan yang dipergunakan untuk belajar agama. (Foto SIB/Berliana Situmorang)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments