Minggu, 18 Agu 2019

16 Warga Binaan Ikuti Pelatihan Kelistrikan di Rutan Pangururan

admin Jumat, 12 Juli 2019 13:56 WIB
Fauzi Harahap
Samosir (SIB) -Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Samosir melaksanakan pelatihan keterampilan berbasis kompetensi teknik kelistrikan di Rutan Pangururan (instalasi sederhana), diikuti 16 warga binaan. Kegiatan itu dibuka pada tanggal 28 Juni 2019 Kepala BLK Samosir Robet B Simanjuntak. Hal itu dikatakan Kepala Cabang Rutan Pangururan Fauzi Harahap kepada SIB, Kamis (11/7), di ruang kerjanya.

Fauzi menambahkan, kegiatan pembinaan keterampilan dilaksanakan atas MoU Cabang Rutan Pangururan dengan BLK Kabupaten Samosir. Kegiatan itu lanjutan pelatihan keterampilan jahit menjahit (garmen) yang diikuti 15 orang warga binaan yang dilaksanakan pada 2018.

"16 warga binaan yang mengikuti keterampilan teknik kelistrikan ini masa hukumannya tinggal 6 bulan lagi," katanya.

Fauzi mengatakan pelatihan berlangsung selama 350 jam pelajaran selama 30 hari. Hingga, Kamis (11/7), sudah berjalan 5 kali pelatihan atau 5 hari dengan metode pelatihan teori dan praktek merangkai jaringan listrik.

"Kegiatan pelatihan ini untuk mempersiapkan dan membekali warga binaan sebelum integrasi atau kembali kemasyarakat. Oleh karena itu, peserta pelatihan yang ikut diutamakan narapidana yang akan segera bebas dalam waktu 3 atau 6 bulan ke depan," jelasnya.

Fauzi berharap ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan dapat langsung diterapkan di tengah-tengah masyarakat dan menjadi modal dalam memperoleh pekerjaan setelah bebas. (BR 11/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments