Senin, 20 Jan 2020

Pelayan Kesehatan Simanindo Gencar Lakukan Penyuluhan

Pestisida Berbahaya Bagi Kesehatan Pengguna Air Danau Toba

Selasa, 10 Juni 2014 11:06 WIB
Samosir (SIB)- Pestisida jenis serpa yang saat ini sedang marak dipakai para pecandu pancing dan limbah PT "AF", salah satu perusahaan pengembangbiakan ikan di Danau Toba, sangat berbahaya bagi kehidupan dan kesehatan pengguna air Danau Toba.

Hal ini dikatakan Kepala Puskesmas Ambarita dr Rotua Sitanggang didampingi Bidan Desa Siallagan Pindaraya Nuriani Ambarita dan boru Pasaribu staf Puskesmas Ambarita pada acara penyuluhan peningkatan kesehatan tentang Waspada Terhadap Penyakit, Senin (1/6) di Kantor Kepala Desa Siallagan Pindaraya, Kecamatan Simanindo.

Menurut Rotua, sesuai hasil kunjungan di berbagai daerah dan sumber informasi dari masyarakat, saat ini banyak warga mandi dan menggunakan air Danau Toba terkena penyakit gatal-gatal. Hal ini timbul akibat menjamurnya para pemancing yang menggunakan bahan pestisida jenis serpa agar mendapat ikan lebih banyak dan pengaruh limbah salah satu perusahaan besar pengembangan ikan di Danau Toba seperti PT "AF" dan perusahaan sejenis di daerah Tigaras. "Untuk itu kepada para kepala desa dan penatua agar mengantisipasi persoalan yang berbahaya bagi kehidupan warga setempat,” jelas Rotua. (F4/q)


Simak berita lainnya di Harian Umum Sinar Indonesia Baru (SIB). Atau akses melalui http://epaper.hariansib.co/ yang di up-date setiap hari pukul 13.00 WIB.
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments