Minggu, 27 Sep 2020

Pemkab Humbahas Cairkan Tunjangan Profesi Guru Triwulan I Rp14,4M

*Kadis Pendidikan Bantah Dana Sempat Diendapkan
Senin, 30 Juni 2014 15:03 WIB
Humbahas (SIB)- Sebanyak 1.526 guru yang mengabdi di lingkungan Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) telah menerima tunjangan profesi guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) untuk triwulan pertama (Januari-Maret) sebesar Rp14.442.357.220 tertanggal 17 Juni 2014. Sementara untuk pencairan triwulan kedua direncanakan dibayarkan awal Juli.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Humbahas, Drs Wisler Sianturi melalui Kasi Peningkatan Mutu Pendidikan Menengah Kristison Marbun MPd ketika ditemui SIB di ruang kerjanya Jumat (27/6).

Kristison mengatakan, penyetoran dana tunjangan profesi tahap pertama tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No.61/PKM.07/2014 tentang pedoman umum dan alokasi tunjangan profesi guru PNSD. Sementara mengenai keterlambatan penyetoran dana tersebut disebabkan kendala penerbitan SK tunjangan profesi guru oleh pihak kementerian.

“Penyaluran dana tunjangan dilaksanakan dengan cara pemindahbukuan dari rekening kas umum negara ke rekening umum daerah, selanjutnya Dinas Pendidikan merekomendasikan tiga bank di daerah untuk menyetorkan langsung dana tersebut ke rekening guru yang bersangkutan. Sehingga dana yang besarnya satu bulan gaji pokok itu otomatis masuk rekening para guru. Jadi sama sekali dana itu tidak ada kita sentuh maupun diendapkan di kas daerah seperti isu yang berkembang selama ini,” kata Kristison.

Ditambahkannya, penyaluran dana tunjangan tersebut dilaksanakan secara bertahap yakni triwulan pertama hingga triwulan keempat. Dan untuk triwulan kedua, sesuai alokasi tunjangan dana profesi guru PNSD oleh Kementerian Keuangan dana yang telah dianggarkan untuk Kabupaten Humbahas lebih besar dari dana triwulan pertama yakni Rp21.882.113.000. Sementara untuk tahun 2014 dana yang telah dianggarkan dalam APBD Humbahas sebesar Rp80.090.754.000.

Sekedar informasi, untuk mendapatkan tunjangan tersebut, para guru harus memenuhi persyaratan tunjangan profesi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008. Yakni, memiliki satu atau lebih sertifikat pendidik yang telah diberi satu nomor registrasi guru oleh departemen, memenuhi beban kerja, mengajar mata pelajaran atau guru kelas pada satuan pendidikan yang sesuai dengan peruntukan sertifikat pendidik yang dimilikinya. Selain itu, guru juga harus terdaftar di departemen sebagai guru tetap, berusia maksimal 60 tahun, dan tidak terikat sebagai tenaga kerja tetap pada instansi selain satuan pendidikan tempat bertugas. (F5/d)

T#gs Pemkab
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments