Sabtu, 25 Jan 2020

Jalan Desa Lobu Hole Menuju Desa Simanampang Kupak-Kapik, Tak Kunjung Diperbaiki

redaksisib Rabu, 15 Januari 2020 16:53 WIB
SIB/Bongsu Batara Sitompul
Rusak: Kerusakan ruas jalan jurusan Desa Lobu Hole menuju Desa Simanampang tak kunjung diperbaiki dan dipenuhi genangan air.
Tapanuli Utara (SIB)
Ruas jalan dari Desa Lobu Hole menuju Desa Simanampang Kecamatan Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara kondisinya kupak-kapik dan tak kunjung diperbaiki.

Kerusakan jalan yang sudah lima tahun lamanya terkesan diabaikan. Padahal jalur tersebut merupakan jalur alternatif menuju Onan Tungka Kecamatan Sipahutar.

Pantauan SIB di lapangan, sepanjang 5 Km ruas jalan sudah dipenuhi lubang-lubang besar. Bila hujan, ruas jalan dipenuhi dengan genang air dan tak ada bedanya seperti kubangan kerbau.

Begitu juga dengan ruas jalan di Sitonggapa Desa Lobu Hole sudah sangat membahayakan untuk dilintasi kendaraan. Apalagi kondisi jalan dan jembatan sudah sangat membahayakan.

Namun dengan kondisi kerusakan jalan yang seperti itu, seharusnya Pemkab Taput bisa tanggap dan segera memperbaikinya. Apalagi kondisi jalan yang sudah sangat rusak.

Masyarakat Desa Simanampang bermarga Lumbantobing kepada SIB, Kamis (9/1) mengutarakan, terkesan ada tebang pilih dalam perbaikan infrastruktur jalan. Di mana ruas jalan dari Desa Simanampang ke Desa Sidagal sudah dihotmix tahun 2019 lalu.

Seharusnya pemerintah juga tanggap atas kondisi ruas jalan dari Desa Lobu Hole menuju Desa Simanampang yang semakin parah kerusakannya.

"Padahal ruas jalan Desa Lobu Hole menuju Desa Simanampang merupakan jalur yang harus dilalui bila datang dari Kota Tarutung menuju Onan Tungka Kecamatan Tarutung," ungkapnya.

Ia juga menegaskan, sungguh membingungkan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Siatas Barita tersebut. Seharusnya ruas jalan yang sudah rusak parah menjadi prioritas pemerintah untuk diperbaiki.

Kadis PUPR Taput Anggiat Rajagukguk ketika dikonfirmasi via telepon selulernya mengatakan, pihaknya sudah menganggarkan perbaikan ruas jalan Lobu Hole ke arah Simanampang.

"Tahun ini sudah ada kita anggarkan untuk perbaikan. Namun bertahap kita lakukan. Besaran anggarannya, saya kurang ingat. Pengaspalan hotmixlah untuk tahun ini. Kalau untuk kerusakan ruas jalan dan jembatan di Sitonggapa Desa Lobu Hole, nanti kita cek dulu ke lapangan," jelasnya. (G02/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments