Kamis, 24 Sep 2020

KPU Batubara Libatkan 120 Orang Lipat Surat Suara Pilpres 2014

Senin, 30 Juni 2014 14:56 WIB
SIB/Burhan
Para pekerja tenaga suka rela melakukan pelipatan surat suara Capres dan Cawapres 2014 di aula KPU Batubara dimulai sejak Jumat (27/6 lalu).
Limapuluh (SIB)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara mengerahkan puluhan tenaga suka rela untuk melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara pemilihan presiden (pilpres) 2014 yang dipusatkan di aula Kantor KPU setempat.

"Ada 120 orang tenaga suka rela yang kami rekrut untuk melipat dan menyortir surat suara pilpres 2014. Pelipatan dan penyortiran surat sudah dimulai," ujar Kasubag Umum KPU Batubara Drs Lelhawadis, Minggu (29/6).

Personel yang direkrut untuk melipat dan menyortir surat suara sebagian staf KPU yang berstatus honorer, sebagian lagi masyarakat umum. Mereka akan mendapat honor Rp 100 per surat suara dan telah dimulai sejak Jumat.

Jumlah surat suara pilpres yang akan dilipat dan disortir sesuai dengan surat suara yang diterima KPU Batubara sebanyak 150 boks dengan jumlah keseluruhan 298.769 dengan perincian satu boks surat suara pengganti sebanyak 1000 lembar, daftar rekap dari paslon pilpres 2 boks berisi 1050 lembar.
Ditargetkan pelipatan dan penyortiran surat suara pilpres 2014 akan selesai dalam 2-3 hari ke depan. Jumlah surat suara pilpres lebih sedikit dibanding jumlah surat suara di pileg 2014. Ukuran surat suara pilpres juga lebih kecil dibanding ukuran surat suara pileg, sehingga waktu pelipatan dan penyortiran surat suara tidak memakan waktu lama.

Dalam proses penyortiran, surat suara yang kondisinya baik dipisahkan dengan surat suara yang kondisinya rusak atau cacat seperti cetakannya kotor merata, surat suara sobek baik di bagian tengah maupun bagian pinggir, atau logo KPU maupun logo pemilu tidak jelas dan lain-lain.

Dia pun berharap, selama proses pelipatan dan penyortiran tidak terjadi masalah sehingga petugas yang direkrut KPU bisa menyelesaikan pelipatan surat suara tepat waktu. Dengan begitu, pendistribusian surat suara dan logistik pemilu berdasarkan jadwal tahapan Pilpres 2014 akan dilakukan KPU ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 3-5 Juli 2014.

Kemudian ke panitia pemungutan suara di tingkat desa/kelurahan 6-7 Juli dan ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) tanggal 8 Juli 2014.

"Satu hari sebelum pemungutan suara pilpres 2014, seluruh logistik dan surat suara pilpres sudah harus tiba di masing-masing TPS," pungkasnya. (BN/D19/q)


T#gs KPU
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments