Jumat, 14 Agu 2020

Ukraina-UE Segera Ratifikasi Perjanjian

Senin, 15 September 2014 10:13 WIB
Brussels (SIB)- Perjanjian hubungan antara Ukraina dan Uni Eropa akan disahkan Selasa (16/9) tanpa amandemen teks, kata Menteri Luar Negeri Ukraina, Pavel Klimkin, setelah pembicaraan trilateral dengan Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia, Alexei Ulyukayev dan Karel De Gucht.

Karel adalah Komisaris Eropa untuk Perdagangan.

 "Perjanjian ini akan disahkan pada Selasa," kata Klimkin, dan menambahkan bahwa teks tersebut tak akan berubah.

Dia mengatakan bahwa berkat perjanjian hari ini pihak Rusia tidak akan memiliki alasan untuk memaksakan pelarangan perdagangan terhadap Ukraina.

Uni Eropa siapmenyampaikan preferensi perdagangan sepihak terhadap Ukraina, di mana Klimkin dan Ulyukayev menjelaskan kepada wartawan, perjanjian asosiasi itu akan mulai berlaku 2016. Dia mengatakan, para pihak pada konsultasi-konsultasi kementerian hari ini untuk mengakui masalah pelaksanaan perjanjian Ukraina dengan Uni Eropa-Rusia telah berbicara tentang hal-hal yang nyata.

"Para pihak sepakat akan mengambil waktu untuk mengklarifikasi masalah ini, itu sebabnya pelaksanaan perjanjian hubungan antara Ukraina dan Uni Eropa setelah ratifikasi akan ditunda sampai akhir 2015, sampai 31 Desember 2015," kata Ulyukayev. Dia menambahkan, para pihak akan memiliki 15 bulan untuk mencapai kompromi mengenai masalah itu. (Ant/i)
T#gs Ukraina
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments