Minggu, 21 Jul 2019
  • Home
  • Luar Negeri
  • Tabrakan Kereta di Pakistan Tewaskan 11 Orang, 66 Luka-luka

Tabrakan Kereta di Pakistan Tewaskan 11 Orang, 66 Luka-luka

admin Jumat, 12 Juli 2019 17:45 WIB
SIB/liputan6
Tim penyelamat dan penduduk setempat berkumpul di dekat kejadian kecelakaan dua kereta api di distrik Rahim Yar Khan, Provinsi Punjab, Kamis (11/7), yang menewaskan 11 orang dan lebih dari 60 orang lainnya mengalami luka-luka.
Islamabad (SIB) -Dua kereta api bertabrakan di wilayah Pakistan bagian tengah. Nahas, sedikitnya 11 orang tewas dan lebih dari 60 orang lainnya mengalami luka-luka. Tabrakan dua kereta api ini terjadi di area Sadiqabad yang masuk dalam distrik Rahim Yar Khan di Provinsi Punjab pada Kamis (11/7) waktu setempat.

Seorang pejabat senior pemerintahan Pakistan mengatakan, satu rangkaian kereta penumpang yang melaju dari kota Lahore, Pakistan bagian timur menabrak rangkaian kereta barang yang sedang berhenti di sebuah perlintasan kereta.

Dituturkan kepolisian setempat bahwa para petugas penyelamat berupaya membebaskan korban luka dengan memotong besi pada gerbong-gerbong yang ringsek. Puluhan orang yang mengalami luka-luka dilarikan ke rumah sakit setempat. Otoritas setempat menyebut 11 orang tewas dalam kecelakaan ini. Sedangkan pejabat kepolisian setempat, Omar Salamat, menyebut sekitar 66 penumpang mengalami luka-luka.

Perdana Menteri (PM) Pakistan, Imran Khan, merilis pernyataan yang isinya menyampaikan belasungkawa mendalam untuk para korban. PM Khan juga menyalahkan infrastruktur perkeretaapian yang telah menua, sehingga memicu kerusakan karena buruknya perawatan dan minimnya investasi.

"Telah meminta Menteri Perkeretaapian untuk mengambil langkah-langkah darurat untuk menghadapi pengabaian infrastruktur perkeretaapian selama bertahun-tahun dan memastikan standar keselamatan," ujar PM Khan dalam pernyataan via Twitter.

Tayangan televisi setempat menunjukkan kondisi lokomotif maupun gerbong kereta yang rusak parah akibat tabrakan ini. Petugas penyelamat dan warga setempat menggunakan alat pemotong besi dan crane dalam upaya evakuasi para korban.

Penyebab tabrakan maut ini masih dalam penyelidikan otoritas setempat. Namun Menteri Perkeretaapian, Sheikh Rasheed Ahmed, menduga kesalahan manusia diyakini sebagai penyebabnya. "Saya telah memerintahkan dilakukannya penyelidikan. Penyelidikan itu akan selesai dalam dua hingga tiga hari," ucap Sheikh Rasheed kepada media setempat, Geo Television. Sheikh Rasheed juga mengumumkan kompensasi pemerintah untuk keluarga korban tewas dan korban luka, namun jumlahnya tidak diungkap lebih lanjut.
Bulan lalu, enam orang tewas setelah sebuah kereta barang bertabrakan dengan sebuah kereta penumpang di Hyderabad, yang berjarak 165 kilometer dari Karachi. (Detikcom/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments