Senin, 28 Sep 2020

Spanyol Tangkap Sindikat Pengimpor Sampah Ilegal

Senin, 10 Februari 2020 21:00 WIB
news.okezone.com

Ilustrasi

Madrid (SIB)
Sebuah sindikat yang memperdagangkan kardus limbah curian dari Madrid ke negara-negara Asia telah ditangkap. Lebih dari 40 tersangka anggota geng telah ditangkap karena dicurigai melakukan pelanggaran lingkungan dan pencucian uang.

Geng itu dituduh secara ilegal mengirimkan lebih dari 67.000 ton sampah senilai 10 juta euro (sekira Rp149 miliar). Sebagian besar limbah dicuri dari tempat sampah daur ulang milik pemerintah kota Madrid.

Mengutip BBC, Sabtu (8/2) perusahaan pengelola limbah yang berbasis di Madrid telah mengorganisir pengumpulan kertas dan karton ilegal sejak 2015. Geng kriminal diperkirakan telah merugikan pemasukan dewan kota Madrid sekitar 16 juta euro (sekira Rp239 juta) karena kehilangan bahan yang dapat didaur ulang.

Kertas dan kardus yang disimpan di gudang dijual ke pabrik daur ulang dan dikonversi kembali menjadi bahan baku. Kertas dan kardus yang dicuri oleh geng itu dicampur dengan limbah yang dikumpulkan secara legal sebelum dikirim ke negara-negara di Asia Tenggara, terutama China, India, Indonesia, dan Korea Selatan.

Foto-foto yang dikeluarkan oleh polisi menunjukkan seorang tersangka dengan kakinya menggantung keluar dari tempat sampah daur ulang pemkot, saat ia mencoba mencuri kardus dan kertas di dalamnya.

Sebuah sumber polisi mengatakan kepada surat kabar El Pais bahwa anggota geng kadang-kadang "pergi dua kali sehari untuk mencari koran . Dari 42 orang yang ditangkap, tiga adalah warga negara Spanyol dan yang lainnya berasal dari Rumania. Sebelas truk yang digunakan dalam pencurian limbah juga disita sebagai bagian dari tindakan keras polisi, bernama Operasi Hartie.

Operasi, yang dipimpin oleh Penjaga Sipil Spanyol (Guardia Civil), didukung oleh Europol, badan penegak hukum Uni Eropa (UE). Kejahatan terorganisir telah dikaitkan dengan industri pembuangan limbah di beberapa negara Eropa, terutama Italia.

Sebuah laporan 2015 oleh UE mengatakan kejahatan terorganisir di Italia "memainkan peran penting dalam industri pengelolaan limbah, khususnya di bidang pembuangan ilegal dan perdagangan ilegal limbah berbahaya internasional". (okz/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments