Selasa, 12 Nov 2019
  • Home
  • Luar Negeri
  • Selama 15 Tahun, Otak Pria di China Dimakan Cacing Pita Sepanjang 12 Cm

Selama 15 Tahun, Otak Pria di China Dimakan Cacing Pita Sepanjang 12 Cm

redaksi Kamis, 07 November 2019 19:55 WIB
suara.com
Ilustrasi Cacing

GUANGZHOU (SIB)
Seekor cacing pita sepanjang 12 cm dilaporkan diangkat setelah memakan otak pria di China selama 15 tahun terakhir. Wang Lei pertama kali merasakan mati rasa di sisi kirinya pada 2007. Sejak saat itu, kondisi kesehatannya terus mengalami penurunan. Dia mendatangi sejumlah dokter spesialis, bahkan pernah didiagnosa terkena tumor otak ganas, dengan dokter masih mencari tahu penyebabnya.


Namun berdasarkan pemberitaan media lokal, kondisi Wang terus memburuk, dengan beberapa kali dia mengalami kejang dan pingsan. Pada 2018, dokter menemukan penyebabnya. Cacing pita 12 cm ditemukan tinggal di otaknya. Dia pun disarankan menjalani perawatan biasa karena terlalu berisiko mengoperasinya.


Tetapi, cacing itu masih terus hidup di dalam kepalanya. Akhirnya, dia pun menjalani operasi di Rumah Sakit Otak Guangdong Sanjiu untuk mengeluarkannya. Dilansir Daily Mirror Selasa (5/11), tim medis mengeluarkan parasit jenis sparganum mansoni setelah pembedahan selama dua jam.


Parasit itu dikabarkan hanya hidup di usus anjing serta kucing, tapi jarang ditemukan adanya kasus hewan itu tinggal di tubuh manusia. Dokter Guo yang menangani Wang menuturkan, operasi itu penuh dengan risiko. Sebab jika dibiarkan, dia akan tumbuh semakin panjang. "Ini bukan kasus pertama. Sejauh ini, rumah sakit kami sudah menangani empat pasien sepanjang tahun ini," terang Guo kepada media setempat. Diberitakan The Sun, awal mulai Wang terkena cacing pita itu selama 15 tahun terakhir dikarenakan kegemarannya makan siput goreng sebagai makan malam.


Dia mengaku kecintaannya pada kuliner itu dimulai pada 2004. Saat itu, mantan atasannya disebut merupakan penggemar berat siput goreng. Guo kemudian melanjutkan, dia mewanti-wanti publik supaya sebelum menyantap siput, kodok, hingga ular memasaknya dengan benar. "Selain itu, diharuskan untuk tidak meminum air dari sungai kecuali sudah dimasak," ujarnya. (Daily Mirror/kps/f)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments