Minggu, 05 Apr 2020

Rand Paul Senator AS Pertama Positif Corona

* Kanselir Jerman Dikarantina
Selasa, 24 Maret 2020 12:20 WIB
VOA
Senator Rand Paul
Washington (SIB)
Senator Rand Paul hari Minggu (22/3) mengkonfirmasi bahwa ia positif terjangkit virus corona, senator Amerika pertama yang terpapar virus mematikan ini. “Senator Rand Paul positif Covid-19. Ia baik-baik saja dan kini dikarantina,” demikian petikan cuitan senator Partai Republik dari negara bagian Kentucky itu.

Rand Paul mengatakan ia tidak menunjukkan gejala dan tidak pernah berhubungan dengan orang yang diduga membawa virus corona, tetapi mengikuti tes sebagai “langkah hati-hati karena ia sering melakukan perjalanan dan mengikuti banyak acara.”
Kantor senator ini mulai beroperasi dari jarak jauh sejak 10 hari lalu, jadi dipastikan “praktis tidak ada staf” yang melakukan kontak dengannya.

Ketika banyak warga Amerika berjuang untuk mengikuti tes Covid-19, banyak kritikus menulis di media sosial tentang bagaimana dan mengapa Senator Rand Paul dapat diuji walaupun ia tidak menunjukkan gejala apapun, dan diketahui tidak melakukan kontak dengan pembawa virus mana pun.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit CDC mengatakan kemampuan tes Covid-19 di Amerika diharapkan akan meningkat.

Dikarantina
Sementara itu, Kanselir Jerman Angela Merkel dilaporkan dikarantina setelah dokter yang merawatnya positif terinfeksi virus corona. Juru bicara Merkel, Steffen Seibert berkata, Merkel langsung diberi tahu setelah memberikan keterangan mengenai langkah pemerintah mengendalikan wabah. Kabar itu terjadi setelah Senator Rand Paul menjadi anggota Senat AS pertama yang tertular Covid-19.

Seibert menerangkan, awalnya Angela Merkel menerima suntikan vaksin pencegahan pneumococcus, bakteri penyebab pneumonia, pada Jumat (20/3). Dilansir Sky News, Minggu (22/3), Kanselir Jerman berusia 65 tahun itu langsung dikarantina setelah mendapat kabar si dokter positif. Dalam keterangan Seibert, kanselir dari Uni Demokratik Kristen Jerman (CDU) itu bakal mendapatkan "tes reguler" beberapa hari ke depan. Di konferensi pers, Merkel mengatakan dia resmi melarang pertemuan yang dihadiri lebih dari dua orang selama dua pekan ke depan.

Merkel meminta restoran hanya menerima pesan bungkus, dan menginstruksikan salon, penata kecantikan, hingga studio tato ditutup. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada publik Jerman yang mengikuti anjuran social distancing, di mana mereka menjaga jarak setidaknya 1,5 meter. "Terima kasih. Sebab saya tahu, kalian sudah membuat pengorbanan tidak hanya secara pribadi tetapi juga ekonomi," kata dia.

Merkel mengaku begitu tersentuh melihat banyak orang yang mengikuti upaya pemerintah untuk mengatasi virus bernama resmi SARS-Cov-2 itu. "Inilah cara kita untuk merawat lansia dan yang sakit dari virus mematikan ini. Dengan kata lain, inilah cara kita menyelamatkan hidup," paparnya. Hingga saat ini, Jerman telah melaporkan 24.873 kasus penularan virus corona, dengan 266 berhasil sembuh dan 94 orang meninggal. (Sky News/VoAI/kps/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments