Sabtu, 14 Des 2019
  • Home
  • Luar Negeri
  • Pesawat Jatuh di AS, 9 Orang Tewas, 2 di Antaranya Anak-anak

Pesawat Jatuh di AS, 9 Orang Tewas, 2 di Antaranya Anak-anak

redaksi Senin, 02 Desember 2019 20:31 WIB
internasional.republika.co.id
Ilustrasi kecelakaan pesawat
Chamberlain (SIB)
Sembilan orang penumpang tewas setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh di Chamberlain, Dakota Selatan, Sabtu (30/11). Dilansir dari CNN, di antara sembilan korban meninggal, dua di antaranya adalah anak-anak. Juru bicara Federal Aviation Administration (FAA), Lynn Lunsford, menyebut suaca sebagai penyebab jatuhnya pesawat.

Sabtu siang itu, badai salju menghampiri negara bagian Dakota Selatan. Intensitas salju mencapai satu inci per jam. Jarak pandang kurang dari satu mil atau 1,6 kilometer. Pesawat berjenis Pilatus PC-12 itu pun jatuh tidak lama setelah lepas landas dari Bandara Chamberlain. Pesawat itu hendak ke Bandara Regional Idaho Falls. Jaksa Wilayah Brule Theresa Maule Rossow menyebut ada 12 orang yang berada di pesawat.

Tiga yang selamat dibawa ke rumah sakit di Sioux Falls, Dakota Selatan. "Para aparat hukum, penyelamat, dan paramedis perlu dihargai atas aksi heroik mereka menyelamatkan korban di tengah cuaca ekstrem," kata Rossow. FAA dan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (NTSB) AS telah menginvestigasi kecelakaan ini.

Sementara dilaporkan oleh ABC, salju, hujan, dan angin kencang menerjang AS bagian barat daya (Southwest) dan bagian barat tengah atas (Upper Midwest). Sejumlah negara bagian telah mengeluarkan peringatan badai salju. Mereka yang akan terdampak ini di antaranya Nebraska, Dakota Selatan, Wyoming, dan Minnesota. Minnesota Utara, Wisconsin Utara, dan Michigan Utara menjadi area yang paling terpukul.

Salju menutupi jalan hingga 20 inci. Padahal, AS sedang merayakan Thanksgiving. Ribuan warganya yang pulang kampung di hari raya ini terpaksa merasakan cuaca ekstrem. (CNN/ABCNews/kps/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments