Senin, 16 Sep 2019

Mantan Menkeu India Ditangkap Terkait Kasus Korupsi

admin Jumat, 23 Agustus 2019 20:50 WIB
Mantan Menteri Keuangan India, Palaniappan Chidambaram
New Delhi (SIB) -Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) India, Palaniappan Chidambaram, ditangkap oleh Biro Investigasi Pusat (CBI) -- semacam FBI di India -- terkait kasus korupsi. Operasi penggerebekan terhadap Chidambaram berlangsung secara dramatis, termasuk saat agen CBI harus memanjat pagar untuk masuk ke rumahnya.

Operasi ini berawal saat CBI memberitahu pihak bandara untuk mencegah Chidambaram (73) terbang ke luar negeri pada Rabu (21/8) pagi waktu setempat. Chidambaram diketahui menjabat Menteri Keuangan periode tahun 2004-2008 dan tahun 2012-2014.

Awal pekan ini, Chidambaram gagal mengamankan uang jaminan untuk kebebasannya dan tidak terlihat di depan umum sejak Selasa (20/8) waktu setempat. Dia tiba-tiba muncul di kantor Partai Kongres -- oposisi pemerintahan -- pada Rabu (21/8) waktu setempat untuk menyatakan dirinya tidak bersalah.

Dalam konferensi pers saat itu, Chidambaram menyebut para penuduhnya sebagai 'pembohong patologis'. Usai menggelar konferensi pers, Chidambaram pulang ke rumahnya di kawasan kelas menengah atas di Jor Bagh, New Delhi. Dalam perjalanan pulang ini, Chidambaram dikuntit oleh sekitar 30 agen CBI yang hendak menangkapnya.

Setibanya di rumah Chidambaram, para agen CBI tidak bisa langsung masuk dan harus memanjat tembok pembatas. Tiga agen CBI yang berhasil masuk ke dalam rumah setelah memanjat pagar, membukakan pintu untuk membuka akses bagi agen-agen CBI lainnya. Beberapa agen CBI, sebut PTI, bergegas ke pintu belakang untuk menjaga seluruh pintu keluar di sekitar rumah Chidambaram.

Pintu rumah Chidambaram diketuk oleh agen CBI dan Chidambaram pun berhasil ditangkap. Namun semuanya tidak selesai begitu saja, karena para pendukung Chidambaram telah berkumpul di luar rumah untuk memprotes penangkapan ini. Bahkan beberapa pendukungnya nekat melompat ke depan mobil yang membawa Chidambaram untuk mencegahnya dibawa ke markas CBI.

Dalam kasus ini, Chidambaram didakwa menerima gratifikasi dan melakukan pencucian uang yang melibatkan sebuah perusahaan media saat dia masih menjabat Menteri Keuangan India di bawah Perdana Menteri Manmohan Singh. (Detikcom/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments