Selasa, 19 Nov 2019
  • Home
  • Luar Negeri
  • Korban Tewas Akibat Badai Dorian di Bahama Bertambah Jadi 30 Orang

Korban Tewas Akibat Badai Dorian di Bahama Bertambah Jadi 30 Orang

admin Sabtu, 07 September 2019 14:49 WIB
dailymail
HANCUR: Ratusan ribu rumah di Bahamas hancur atau sebagian mengalami kerusakan akibat diterjang Badai Dorian yang sejauh ini telah menewaskan 30 orang
Nassau (SIB) -Korban tewas akibat terjangan badai Dorian di Bahama bertambah menjadi 30 orang. Situasi di Bahama usai diterjang badai yang membawa angin kencang dan hujan deras itu disebut 'seperti neraka'. Seperti dilansir AFP, Jumat (6/9), Perdana Menteri (PM) Hubert Minnis menuturkan kepada CNN bahwa jumlah korban tewas hingga Kamis (5/9) waktu setempat mencapai 30 orang. Dikhawatirkan jumlah korban masih akan bertambah. Disebutkan Minnis bahwa badai Dorian telah memicu 'kehancuran generasi' di Bahama.

Otoritas Bahama mulai melakukan operasi evakuasi para korban tewas di berbagai wilayah negara kepulauan tersebut. Satu tim beranggotakan enam petugas melakukan penyisiran ke setiap rumah warga, sembari membawa kantong mayat dan perlengkapan lainnya. Situasi di Bahama kacau akibat badai Dorian, dengan beberapa rumah rata dengan tanah dan pepohonan serta tiang listrik bertumbangan. Area daratan rendah masih digenangi banjir yang dipicu oleh hujan deras yang dibawa badai Dorian.

Pulau Abaco yang menjadi area terdampak paling parah, juga masih digenangi banjir sehingga sulit diakses. Ratusan kapal -- baik perahu kecil maupun besar -- tampak terguling atau terbalik di pinggir pantai. Atap-atap rumah terlepas dari bangunan. Setidaknya dibutuhkan waktu berbulan-bulan, mungkin bertahun-tahun, untuk memulihkan situasi di pulau ini. "Kita perlu keluar dari sini," tutur seorang warga Kanada bernama Brian Harvey yang terjebak di Bahama saat badai Dorian menerjang.

Badai Dorian menerjang wilayah Bahama pada awal pekan ini. Dari Bahama, badai Dorian bergerak ke wilayah tenggara Amerika Serikat (AS). Pada Kamis (5/9) malam waktu setempat, badai Dorian baru saja menerjang negara bagian North Carolina dan South Carolina. Badai ini bergerak dengan membawa angin kencang berkecepatan 168 kilometer per jam. Laporan perusahaan-perusahaan listrik setempat, seperti dilansir Reuters, menyebut lebih dari 223 ribu rumah dan pusat bisnis di wilayah AS bagian tenggara tidak mendapat aliran listrik sejak Kamis (5/9) waktu setempat. (Detikcom/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments