Senin, 16 Sep 2019

Konflik Sektarian di Afrika Tengah Tewaskan 127 Orang

Rabu, 15 Januari 2014 12:59 WIB
AP Photo
Korban tewas dalam konflik sektarian di Bangui,Afrika Tengah
Bangui (SIB)- Diperkirakan 127 orang tewas dan 100 orang cidera pada pertikaian kelompok di Afrika Tengah selama 3 hari terakhir. Pertikaian ini disebabkan konflik sektarian di kawasan tersebut.

Seperti diberitakan AFP, Selasa (14/1), berdasarkan laporan dari Palang Merah setempat ratusan pemukiman penduduk juga terbakar akibat pertikaian ini.

"Di Bozoum, Palang Merah Afrika Tengah menghitung 97 tewas, 107 orang terluka dan 14.000 mengungsi sejak Jumat lalu," ujar kepala cabang Palang Merah setempat Antoine Mbaobogo.

Mbaobogo menyebut kebanyakan korban berasal dari warga sipil. Kelompok yang bertikai adalah Anti-Balaka dengan kelompok Saleka. Ia menambahkan sekitar 912 rumah terbakar pada kejadian ini.

Mbaobogo menjelaskan pertempuran pecah setelah warga berkumpul di jalan-jalan untuk dan berpesta setelah pengunduran diri Presiden Michel Djotodia, yang berasal dari kelompok Saleka.

Djotodia mengundurkan diri setelah menghadapi tekanan tidak melakukan apa-apa untuk menghentikan pertikaian antara beberapa kelompok sektarian di negaranya. Djotodia mengundurkan diri sejak Jumat kemarin di bawa tekanan pemimpin Afrika lainnya. (detikcom/r)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments