Jumat, 22 Nov 2019

Hutan Amazon Terbakar, Presiden Brasil Salahkan LSM

admin Jumat, 23 Agustus 2019 20:48 WIB
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro
Brasilia (SIB) -Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, menuduh lembaga swadaya masyarakat (LSM) membakar hutan Amazon yang berujung pada kebakaran hutan terburuk. Pernyataan Bolsonaro langsung banjir kecaman. "Semuanya mengindikasikan bahwa LSM datang ke Amazon untuk membakar hutan," kata Bolsonaro dalam siaran live Facebook seperti dilansir Reuters, Kamis (22/8).

Pernyataan kontroversial Bolsonaro itu disampaikan tanpa bukti. Ketika ditanya soal bukti yang mendukung klaimnya, Bolsonaro mengatakan dia tak punya dokumen pendukung. Menurut mantan tentara itu, motif pembakaran hutan bisa jadi karena dana bagi LSM-LSM itu dipotong. "Kejahatan terjadi. Orang-orang ini kehilangan uangnya," kata Bolsonaro.

Pakar lingkungan dan iklim menyebut tuduhan kepada LSM itu sebenarnya hanya untuk menutupi kegagalan Bolsonaro melindungi hutan Amazon yang merupakan hutan hujan tropis terbesar di dunia. Para pakar meyakini peningkatan kebakaran itu adalah akibat para petani membuka lahan.

"Itu adalah pernyataan yang menyakitkan, pernyataan yang menyedihkan. Meningkatnya deforestasi dan kebakaran adalah imbas kebijakannya yang anti-lingkungan," kata Koordinator Kebijakan Publik Greenpeace Brasil, Mario Astrini.

Bolsonaro selama ini dikenal skeptis terhadap masalah lingkungan. Dia ingin membuka Amazon untuk lebih banyak pertanian dan pertambangan serta sudah meminta negara-negara lain untuk memikirkan urusan mereka sendiri.

Kritik juga datang dari anggota Kongres Brasil, Nilto Tatto, yang merupakan ketua kaukus lingkungan. Dia menilai serangan Bolsonaro ke LSM itu adalah upaya untuk menutupi langkah pemerintahannya dalam menghancurkan perlindungan lingkungan di Brasil yang sudah berjalan selama 30 tahun.

Pakar iklim, Carlos Nobre, mengatakan para petani selama ini menunggu musim kemarau ketika hutan menjadi mudah terbakar. Mereka lalu membakar hutan untuk membuka lahan bagi padang rumput ternak.

Mantan kandidat presiden dan menteri lingkungan hidup Brasil, Marina Silva, juga melempar kritik ke Bolsonaro. Dia menyindir kurangnya komitmen presiden. "Amazon terbakar. Presiden mengatakan LSM mungkin berada di belakang ini. Kurangnya komitmen terhadap kebenaran adalah patologi kronis. Sikap yang tidak bertanggung jawab ini hanya memperburuk bencana lingkungan di Brasil," tulis Silva di Twitter. (Detikcom/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments