Sabtu, 08 Agu 2020
  • Home
  • Luar Negeri
  • Corona Melonjak Lagi di Jerman, Diduga Muncul di Pesta dan Tempat Kerja

Corona Melonjak Lagi di Jerman, Diduga Muncul di Pesta dan Tempat Kerja

Rabu, 29 Juli 2020 19:54 WIB
Foto: AP/Markus Scholz

Ilustrasi warga Jerman

Berlin (SIB)
Peningkatan cepat jumlah kasus Corona di Jerman sangat mengkhawatirkan. Peningkatan ini diduga karena kontak sosial di acara pesta dan tempat kerja. Warga Jerman pun didesak agar menjaga jarak dan memakai masker.

"Kita harus mencegah virus itu kembali menyebar dengan cepat dan tidak terkendali," kata kepala Robert Koch Institute (RKI) untuk pengendalian penyakit Jerman, Lothar Wieler kepada wartawan seperti dilansir AFP, Selasa (28/7).

"Perkembangan terakhir jumlah kasus Covid-19 sangat memprihatinkan bagi saya dan kita semua di RKI," lanjutnya memperingatkan.
Dia mengatakan, ada kelalaian di balik kenaikan terus-menerus kasus Corona. Dia menambahkan bahwa tidak jelas apakah negara itu mengalami gelombang kedua.

Jumlah kasus baru setiap hari hampir dua kali lipat, hari ini menjadi 633 kasus. RKI mengaitkan peningkatan kasus dengan peningkatan kontak sosial di pesta-pesta dan di tempat kerja.

Kementerian Luar Negeri Jerman juga telah memperingatkan agar tidak bepergian ke beberapa bagian Spanyol, termasuk tujuan wisata populer Katalonia.

"Perjalanan wisata yang tidak penting ke komunitas otonom Aragon, Katalonia dan Navarra saat ini tidak dianjurkan karena infeksi tingkat tinggi yang baru dan lockdown lokal," kata Kementerian Luar Negeri Jerman dalam saran perjalanan yang diperbarui.

Menteri Kesehatan Jens Spahn mengatakan Jerman akan membuat tes Corona wajib untuk para pelancong yang kembali dari daerah berisiko.

"Kita harus mencegah wisatawan yang kembali dari menginfeksi orang lain tanpa disadari dan dengan demikian memicu rantai infeksi baru," tulisnya di Twitter.

Sementara itu, Utusan Khusus Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Covid-19, mengatakan jumlah orang yang terinfeksi virus terus meningkat dan dia khawatir tampaknya ada perasaan bahwa pandemi ini "selesai" di Eropa.

Dr David Nabarro mengatakan Corona "masih jauh dari akhir" dan orang-orang harus belajar untuk hidup dengan virus itu dan menjaga diri agar tidak tertular. (detikcom/d)

T#gs CoronaLagi di JermanMelonjakPesta dan Tempat Kerja
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments