Jumat, 19 Jul 2019
  • Home
  • Luar Negeri
  • Bus Tingkat Jatuh ke Celah Jalan Layang India, 29 Orang Tewas

Bus Tingkat Jatuh ke Celah Jalan Layang India, 29 Orang Tewas

admin Selasa, 09 Juli 2019 18:17 WIB
SIB/Siraj Qureshi via India Today
Sejumlah warga ramai-ramai melihat upaya evakuasi bangkai bus yang jatuh ke celah jalan layang di India.
New Delhi (SIB) -Satu bus tergelincir dan jatuh dari jalan layang setinggi 13 meter di India. Nahas, sedikitnya 29 orang tewas dalam kecelakaan ini. Seperti dilansir AFP, Senin (8/7), bus tingkat yang membawa 50 orang tersebut sedang melaju dari New Delhi menuju Lucknow di wilayah Uttar Pradesh saat insiden terjadi pada Senin (8/7) pagi sekitar pukul 04.15 waktu setempat.

Insiden terjadi di ruas jalan tol sibuk Yamuna yang ada di wilayah Agra. Dituturkan kepolisian setempat bahwa bus tiba-tiba tergelincir dan menabrak pembatas jalan, sebelum terjatuh ke dalam celah besar yang ada di antara dua jalan layang setempat.

Bus penumpang itu terjatuh dari ketinggian lebih dari 12 meter dan berakhir di sungai yang ada di bawah jalan layang. Bagian atas bus tingkat ringsek. Kepolisian menyebut, air sungai yang menggenangi bagian dalam bus mempersulit upaya penyelamatan. "Sekitar 29 orang tewas dan 18 orang lainnya luka-luka," sebut pejabat distrik Agra, NG Ravi Kumar, di lokasi kejadian.

Penyebab kecelakaan masih diselidiki otoritas setempat. Namun menurut polisi setempat, sopir bus diduga mengantuk dan sempat tertidur saat kecelakaan terjadi. Jalan tol Yamuna sepanjang 165 kilometer yang menghubungkan New Delhi dan Agra merupakan ruas jalan tol enam lajur terpanjang di India. Namun nahas, menurut laporan otoritas India, sekitar 900 orang tewas dalam berbagai kecelakaan yang terjadi di ruas jalanan ini sejak dibuka tahun 2012 lalu.

Terlepas dari itu, laporan menyebut lebih dari 150 ribu orang setiap tahunnya tewas dalam kecelakaan di jalanan India. Kebanyakan kecelakaan disebabkan oleh buruknya infrastruktur dan para pengemudi yang nekat mengebut. (AFP/dtc/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments