Kamis, 06 Agu 2020
  • Home
  • Luar Negeri
  • Arab Saudi Cabut Aturan Memisahkan Pria dan Wanita di Restoran

Arab Saudi Cabut Aturan Memisahkan Pria dan Wanita di Restoran

redaksi Selasa, 10 Desember 2019 20:41 WIB
AFP/PATRICK BAZ
Gambar yang dirilis pada 11 Juli 2004 memperlihatkan adanya sekat antara pria dan wanita di restoran yang berada di Arab Saudi. Pekan ini, pemerintah Saudi mengumumkan pencabutan aturan memisahkan pria dan wanita di restoran.
RIYADH (SIB)
Pemerintah Arab Saudi menyatakan, mereka mencabut aturan memisahkan pria dan wanita saat berada dalam restoran. Pengumuman itu disampaikan Kementerian Hubungan Pedesaan dan Perkotaan Saudi, dan menjadi upaya reformasi negara itu. Dalam keterangan yang dirilis SPA, pemerintah mencabut aturan memisahkan pria dan wanita di restoran demi menarik investasi dan peluang bisnis.

Sebelumnya, perempuan Arab Saudi diharuskan masuk dari pintu berbeda, dan jika makan di luar, duduk di ruangan bersekat agar tidak terlihat pria lajang. Mereka dilarang memasuki restoran atau kafe yang terlalu sempit bagi penerapan aturan itu, dilansir Sky News, Minggu (8/12). Selama bertahun-tahun, wanita dilarang bertemu dengan pria yang bukan pasangannya selama berada di ruang publik.

Selain itu, mereka juga wajib mendapat izin dari wali, biasanya suami atau kerabat laki-laki, jika ingin memutuskan sesuatu.

Namun sejak menjabat pada 2017, Putra Mahkota Mohammed bin Salman merilis sejumlah reformasi yang mengendurkan larangan itu. Misalnya dua tahun lalu, perempuan untuk pertama kalinya diizinkan masuk ke stadion sepak bola, dan setahun kemudian diizinkan punya SIM.

Kemudian Agustus lalu, mereka diizinkan untuk bepergian atau memperoleh paspor tanpa harus meminta izin dari wali.

Belum lagi sejumlah kebijakan lain, seperti mengizinkan turis yang tidak menikah untuk menginap di hotel yang sama.

Maupun membuka gedung bioskop untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir, dan menggelar sejumlah konser musik.

Meski sudah muncul berbagai aturan yang melunakkan, segregasi berdasarkan gender masih kerap ditemui di Arab Saudi.

Wanita dan pria disebut masih dipisahkan dalam pesta pernikahan, maupun di institusi seperti sekolah dan universitas negeri. (Sky News/kps/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments