Jumat, 18 Okt 2019

AS Keluarkan Travel Warning untuk Jerman

* Pasca Penyadapan Telepon, Obama Undang Kanselir Jerman ke Washington
Jumat, 10 Januari 2014 15:41 WIB
Washington (SIB)- Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan travel warning untuk warganya yang berada di Kota Hamburg, Jerman. Peringatan bepergian diberikan setelah terjadi kerusuhan di Hamburg bulan lalu. Kerusuhan membuat Hamburg kini dijaga ketat polisi. Pemerintah AS meminta warganya selalu membawa paspor untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu diperiksa petugas. “Jika warga tertangkap tanpa membawa identitas, mereka bisa langsung ditangkap,” sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri AS, seperti dikutip BBC, Kamis (9/1).

Kerusuhan di Hamburg dipicu penggusuran bangunan yang selama ini menjadi tempat tinggal kelompok anarkis. Bentrokan pertama terjadi pada 21 Desember 2013 antara demonstran dan petugas. Bentrokan kedua terjadi sepekan setelahnya. Peringatan bepergian AS dikritik sebagian warga Hamburg.Mereka menganggap tindakan itu menghina Hamburg. “AS mengeluarkan peringatan untuk Hamburg? Kota kami bukan medan perang!” ujar seorang warga Hamburg di situs twitter.

Pasca Penyadapan Telepon, Obama Undang Kanselir Jerman ke Washington

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengundang Kanselir Jerman Angela Merkel untuk mengunjunginya ke Washington. Undangan Obama ini merupakan yang pertama kali usai insiden penyadapan telepon Merkel oleh intelijen AS yang memicu ketegangan kedua negara. Menurut Gedung Putih, Obama menghubungi Merkel untuk mendoakan kesembuhannya setelah insiden ski yang membuat tulang panggulnya retak. Dalam percakapan telepon yang dilakukan pada Rabu (8/1) waktu setempat, Obama juga mengundang Merkel untuk berkunjung ke Washington.

"Presiden berbicara kepada Kanselir Merkel hari ini untuk mendoakan kesembuhannya atas luka yang dideritanya dan menyampaikan selamat atas terbentuknya kabinet yang baru," demikian statemen Gedung Putih, seperti dilansir AFP, Kamis (9/1). "Para pemimpin tersebut membahas agenda untuk tahun 2014, termasuk negosiasi Transatlantic Trade and Investment Partnership dan Pertemuan NATO, dan mengharapkan kerja sama erat demi memajukan kepentingan bersama," demikian disampaikan Gedung Putih. Namun Gedung Putih tidak menyebutkan lebih lanjut apakah Obama dan Merkel juga membahas soal tudingan penyadapan telepon oleh Badan Keamanan Nasional AS atau NSA.

Kantor Kanselir Merkel dalam pernyataannya memastikan, pemimpin Jerman tersebut telah menerima undangan Obama untuk berkunjung ke Amerika Serikat. Ketegangan antara Obama dan Merkel terjadi setelah mencuat laporan media soal aktivitas NSA yang menyadap percakapan telepon Merkel.
Laporan tersebut didasarkan pada dokumen rahasia yang dibocorkan oleh pembocor AS Edward Snowden. Hal ini jelas mempermalukan Obama yang selama ini menyebut Merkel sebagai pemimpin dunia yang paling dia hormati. Pada tahun 2011 lalu, Obama mengundang Merkel hadir dalam makan malam kenegaraan di Gedung Putih. Merkel membalasnya dengan mengundang Obama berkunjung ke Berlin pada tahun 2013 lalu. (AFP/BBC/dtc)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments