Kamis, 19 September 2024

NASA Temukan Fosil Purba di Planet Mars

Robert Banjarnahor - Senin, 05 Agustus 2024 12:26 WIB
467 view
NASA Temukan Fosil Purba di Planet Mars
Foto: dok NASA/JPL-Caltech/MSSS
Bukti terbaru sisa-sisa kehidupan di Kawah Jazero, Mars.
Jakarta (harianSIB.com)
NASA kemungkinan menemukan bukti kehidupan masa lalu di Mars melalui penemuan rover penjelajahnya. Rover ini menemukan batu berbintik-bintik dengan tanda-tanda kimia yang mungkin merupakan sisa kehidupan mikroba purba.

Temuan ini mencakup senyawa organik, bukti pergerakan air, dan bintik-bintik dari reaksi kimia yang dapat mendukung mikroba.

David Flannery, astrobiologis dari Queensland University of Technology, dilansir dari CNN Indonesia mengatakan, bintik-bintik ini mengingatkan pada fosil mikroba di Bumi. Temuan ini berasal dari wilayah Mas, yang dulu lebih hangat dan basah, menunjukkan potensi tanda-tanda kehidupan purba.

Baca Juga:

Mengutip dari Live Science pada Jumat (2/8), anggota ilmuwan dari tim Perseverance yang menangani rover penjelajah tersebut, David Flannery mengatakan, "Bintik-bintik itu sebuah kejutan besar."

Peneliti menyebut kondisi itu membuat tanda-tanda kehidupan purba akan tampak menjadi fosil di dalam bebatuan di sana. Pemindaian yang dilakukan instrumen Perseverance yakni Scanning Habitable Environments with Raman and Luminescence for Organics and Chemicals (SHERLOC) menunjukkan bahwa batuan tersebut mengandung molekul berbasis karbon.

Baca Juga:

Selain itu dari hasil pemindaian juga ditemukan pita hematit kemerahan yang menampilkan bintik-bintik besi dan fosfat.

Perseverance adalah misi penjelajahan NASA ke MARS yang melaksanakan misi sejak 2020 silam.

Sejak tiba di Mars, rover penjelajah tersebut telah mencari tanda-tanda kehidupan purba di permukaan Mars dengan berjalan melintasi kawah Jezero selebar 50 kilometer dan mengumpulkan lusinan sampel batuan untuk kemudian dibawa pulang ke Bumi.(*)

Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru
6 Juta Data NPWP Bocor

6 Juta Data NPWP Bocor

Jakarta (SIB)Direktorat Jenderal Pajak buka suara soal dugaan 6 juta data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) termasuk milik Presiden Joko Widodo

Headlines