Minggu, 08 September 2024

Caleg di Inggris Gunakan Avatar AI

Jika Terpilih, Dunia akan Miliki Legislator AI Pertama
Redaksi - Minggu, 30 Juni 2024 10:09 WIB
266 view
Caleg di Inggris Gunakan Avatar AI
Foto: Reuters/Muvija M
BERPOSE: Steve Endacott, seorang kandidat independen dalam pemilihan Brighton Pavilion, berpose dengan avatar AI-nya di luar dermaga Brighton di Inggris selatan, Senin (17/6).
London (SIB)
Seorang pengusaha di Inggris maju menjadi caleg di Kota Brighton. Yang menarik, ia menggunakan avatar yang terbuat dari kecerdasan buatan, alias AI, untuk berinteraksi dengan para calon pemilih untuk mendiskusikan berbagai topik dan kebijakan. Apa iya avatar AI bisa jadi anggota parlemen Inggris?

Apakah Anda khawatir teknologi kecerdasan buatan (AI) akan merebut pekerjaan Anda? Orang-orang di Inggris bisa mengeluhkannya kepada wakil mereka di parlemen, yang bisa jadi juga sebuah AI.

Koran SIB, melansir Pengusaha Steve Endacott, yang berusia 59 tahun, adalah satu dari ratusan kandidat calon anggota legislatif yang bersaing pada pemilihan umum nasional Inggris 4 Juli mendatang untuk menjadi anggota parlemen (MP).

Baca Juga:

Yang menarik, bukannya memasang foto wajahnya sendiri di brosur kampanye, ia justru memasang gambar avatar dirinya yang dibuat oleh AI.
Jika terpilih, maka dunia akan memiliki legislator AI pertamanya.

Sambil berdiri di samping papan bergambar "Steve versi AI" seukuran manusia di daerah pelabuhan Brighton, Steve menyodorkan telepon genggam kepada para pejalan kaki yang penasaran agar mencoba berinteraksi dengan teknologi itu.

Baca Juga:
Steve versi AI lantas berinteraksi dengan orang-orang di sana untuk membahas berbagai topik, dari hak-hak LGBTQ, perumahan, hingga urusan pengumpulan sampah dan keimigrasian. Steve versi AI kemudian menjabarkan gagasan-gagasan kebijakannya sebelum meminta saran kepada lawan bicaranya.

Pekerja amal Eona Johnston, yang berusia 23 tahun asal Brighton, terbuka pada kehadiran Steve versi AI. Akan tetapi, ia meminta bukti efektivitas mesin itu, serta apakah ia dapat dipercaya.

Editor
: Redaksi
SHARE:
komentar
beritaTerbaru