Jumat, 13 Des 2019
  • Home
  • Luar Negeri
  • 184 Orang Tewas akibat Banjir di India, Satu Juta Lebih Warga Dievakuasi

184 Orang Tewas akibat Banjir di India, Satu Juta Lebih Warga Dievakuasi

admin Rabu, 14 Agustus 2019 21:47 WIB
AFP
Satu keluarga mengungsi ke atas atap rumah mereka yang nyaris tenggelam oleh banjir, Senin (12/8). Cuaca buruk dan rusaknya infrastruktur mempersulit upaya penyelamatan dan pemulihan di wilayah yang diterjang banjir di India.
New Delhi (SIB) -Otoritas India telah memerintahkan untuk pemindahan sekitar satu juga penduduk ke kamp-kamp pengungsian darurat, setelah banjir akibat angin monsun menyebabkan sedikitknya 184 orang meninggal. Negara bagian Kerala di India selatan, yang terkenal dengan pantai dan resor perbukitannya, menjadi wilayah yang terdampak banjir monsun paling parah selama dua tahun berturut-turut. Situasi bencana juga telah memaksa Bandara Internasional Kochi untuk ditutup selama tiga hari pada pekan lalu. "Setidaknya 76 orang tewas, 58 hilang, dan 32 lainnya luka-luka, akibat banjir monsun," kata juru bicara kepolisian Kerala, Pramod Kumar, kepada AFP, Senin (12/8).

Beberapa distrik yang terdampak paling parah di negara bagian itu termasuk Wayanad, Malappura,, dan Kozhikode, dengan sekitar 288.000 orang dari seluruh distrik itu telah dipindahkan ke kamp-kamp bantuan. Sementara di negara bagian Karnataka, dilaporkan setidaknya 42 orang kehilangan nyawa, akibat banjir terburuk di wilayah itu dalam beberapa tahun terakhir. "Kami telah mengevakuasi lebih dari 580.000 orang," kata pejabat senior dari pemerintahan negara bagian Karnataka. Banyak jalan raya dan ruas jalan utama yang terdampak banjir telah rusak atau terputus akibat kenaikan tinggi permukaan air.

Personel penyelamatan darurat lokal dibantu oleh pasukan dari angkatan darat, laut, dan udara telah dikerahkan dalam misi pencarian, penyelamatan, dan bantuan. Korban meninggal juga dilaporkan ditemukan di negara bagian Maharashtra dan Gujarat, dengan total di dua wilayah itu, dilaporkan 66 orang tewas. Puluhan ribu warga lainnya juga telah dievakuasi ke kamp-kamp bantuan.

Hujan monsun sangat ditunggu kehadirannya di India guna mengisi kembali persediaan air yang wilayah-wilayah yang kerap dilanda kekeringan, namun curah hujan tinggi kerap diikuti datangnya banjir yang juga dapat menewaskan ratusan orang di seluruh penjuru negeri setiap tahunnya. Tahun lalu, wilayah Kerala yang dilanda banjir terburuk dalam hampir satu abad terakhir telah menewaskan hingga sekitar 450 orang. (kps/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments