Minggu, 19 Mei 2019
  • Home
  • Lembaran Budaya
  • Surya Gamelan Perkenalkan Wayang di Festival Musik Internasional 'Belt and Road' Shenzhen

Surya Gamelan Perkenalkan Wayang di Festival Musik Internasional 'Belt and Road' Shenzhen

admin Sabtu, 09 Maret 2019 12:20 WIB
SIB/Liputan6.com/Gempur M Surya
MAIN GAMELAN: Siswa memainkan gamelan di pelataran Jakarta Intercultural School (JIS) Pattimura, Jakarta, Rabu (24/8). Ratusan siswa diperkenalkan dengan lomba tradisional sekaligus pengenalan budaya Indonesia.
Jakarta (SIB) -Orkestra Surya Gamelan mendapat undangan kehormatan dari panitia Festival Musik Internasional 'Belt and Road' Shenzhen, untuk bergabung di acara yang akan digelar pada 24 Maret hingga 14 April mendatang. Kabar gembira itu disampaikan pimpinan Orkestra Surya Gamelan, Paulus Surya, Senin (4/3).

Menurutnya, event ini adalah suatu wadah yang dikelola bersama oleh Pemerintah Kota Shenzhen dan Asosiasi Musisi China sejak tahun 2017. Dengan musik sebagai konten utamanya, festival ini menggabungkan berbagai bentuk seni dari negara-negara di sepanjang Belt and Road.

"Kita akan bawa 28 personel ke Shenzhen, China. Kali ini saya ingin memperkenalkan Gamelan Jawa dengan wayang. Karena gamelan sebenarnya juga orchestra. Di sana saya akan mendalang. Tapi diawali nuansa gamelan dulu, baru kemudian gamelan dengan wayang. Tentunya lengkap dengan Sinden," jelasnya.

Paulus Surya mengaku bangga dan berterimakasih atas undangan panitia untuk bergabung pada Festival Musik Internasional 'Belt and Road' Shenzhen tersebut. Apalagi, Orkestra Surya Gamelan dianggap mempunyai pengaruh besar di arena musik internasional.
Atas kepercayaan itu, jelas Orkestra Surya Gamelan akan tampil maksimal sehingga mampu memberikan hiburan yang berbeda bagi penonton Tionghoa.

Staff Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi Don Kardono menyatakan, Belt dan Road saat ini menjalankan fungsinya dengan baik sehingga mampu mengakomodir berbagai budaya yang ada. Seperti halnya Chinese Silk Road yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara timur dan barat, dengan pertemuan dan penggabungan perdagangan dan budaya mereka. Chinese Silk Road adalah platform terbaik yang menghadirkan pertukaran ekonomi dan perdagangan antara negara-negara maju.

"Ini momen yang bagus dan harus disambut dengan gembira. Mereka yang akan memfasilitasi kunjungan seluruh personel Orkestra Surya Gamelan ke Shenzhen. Mereka juga akan sangat menghargai keberadaan tim Orkestra Surya Gamelan dan akan dilakukan kerjasama secara profesional," jelasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, musik cukup efektif untuk mendongkrak pariwisata, termasuk untuk mempererat hubungan baik antar negara. Sebab, musik menjadi bahasa yang universal sehingga dimengerti banyak orang dan banyak disukai. Apalagi, yang terlibat adalah orang-orang hebat di bidangnya.

"Untuk menciptakan crowd memang perlu bahasa universal. Dan musik adalah salah satu jawabannya. Kekuatan musik sangat dahsyat. Jika sekarang musisi kita diundang pada Festival Musik Internasional 'Belt and Road' Shenzhen, mungkin lain waktu giliran kita yang mengundang musisi dari sana," ungkapnya. (Liputan6.com/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments