Jumat, 18 Okt 2019

Situs Cagar Budaya Raja Sisingamangaraja XII di Parlilitan Dipugar

Sabtu, 24 Desember 2016 13:06 WIB
Medan (SIB)- Sisingamangaraja Xll dikenal sebagai pahlawan nasional dari Provinsi Sumatra Utara sangat pantas  diperhatikan  bangsa dan negara. Sebab bangsa yang mengingat jasa pahlawannya adalah bangsa yang besar dan mulia. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Drs Elisa Marbun MSi diwakili Kepala Bidang Sejarah dan Purbakala Drs Rismaria Hutabarat saat serah terima pemugaran/pelestarian situs cagar budaya Sisingamangaraja Xll, Jumat (16/12), kepada masyarakat di lokasi markas basis pertahanan Desa Sionom Hudon Pea Raja Kecamatan Parlilitan yang juga dihadiri Kepala Seksi Sejarah dan Purbakala Junaidi Purba SE  dan para stafnya,  Nelson Lbn Toruan Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Habupaten Humbang Hasundutan, Kepala Desa Pea  Raja Sion Sibulbulon tokoh-tokoh masyarakat dan kalangan masyarakat Pea Raja Sion Sibulbulon, Sitapongan, Ambalo, Sidombilik Kecamatan Parlilitan.

Drs Rismaria Hutabarat dalam kata sambutannya mengajak masyarakat supaya sama-sama menjaga situs cagar budaya Oppui Raja Sisingamangaraja. Pembangunan pelestarian situs, cagar budaya di Desa  Parlilitan ini sudah dua kali berturut-turut dari Angaran APBD 2015 sampai  2016. Mudah-mudahan Tahun 2017 yang akan datang bisa berlanjut pembangunannya," ujarnya. Sementara itu, Nelson Lbn Toruan Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Humbang Hasundutan mengucapkan terimakasih sama masyarakat luas atas kerjasama yang baik untuk menjaga dan melestarikan pembangunan situs cagar budaya Raja Sisingamangraja dan mengajak masyarakat Kecamatan Parlilitan supaya mempelajari UKM bidang ekonomi kreatif seperti ukir-ukiran baik dari kayu dan besi, pisau, buah-buahan dan lain-lain ketika turis datang. Sedangkam Kepala Desa Pearaja Sion Sibulbulon Jamarus Nahampun dan tokoh perwakilan masyarakat  mengucapkan terimakasih atas perhatian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Utara dan Dinas Pariwisata Kabupaten Humbahas terhadap pelestarian situs cagar  budaya Oppui Raja Sisingamangaraja Xll.

"Tidak lupa kami masyarakat mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak Tohom Sinambela pelaksana kegiatan dan sangat peduli keluhan masyarakat," tegas Nahampun.(R4a/ r)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments